get app
inews
Aa Read Next : Wagubsu dan Walikota Medan Dzikir Bersama Santri Expo Kodam Bukit Barisan

Pangdam I/BB Lantik 500 Personel Komcad, Ini Jumlah Seluruh Indonesia

Selasa, 01 Agustus 2023 | 17:41 WIB
header img
Latihan ketangkasan TNI AD. Foto: Ist

PEMATANGSIANTAR – Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayjen TNI A. Daniel Chardin, SE, MSi, melantik sebanyak 500 personel Komponen Cadangan (Komcad) pertahanan negara Matra Darat, di Markas Rindam I/BB, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Senin (31/07/2023). 

“Terima kasih atas kerelaan ikut serta menjadi bagian dari Komcad Hanneg, ini merupakan bukti tanggung jawab kita bersama akan pentingnya kesadaran bela negara bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemhan, TNI dan Polri, namun semua warga negara Indonesia," kata Pangdam membacakan amanat Menhan RI Prabowo Subianto pada upacara pelantikan sekaligus penutupan Latsarmil Komcad TA 2023.

Dikatakan Pangdam Daniel Chardin, Menhan berharap para komponen cadangan pertahanan negara Matra Darat mampu mengobarkan semangat bela negara dalam penerapan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata) kepada seluruh komponen lainnya. 

"Sebagai Komcad Hanneg, kalian harus siap dimobilisasi sesuai perintah Presiden RI dengan persetujuan DRP RI dengan komandan dan kendalinya berada di Panglima TNI. Ini bertujuan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama dalam menghadapi ancaman demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI," sebut Pangdam. 

Diketahui, penutupan sekaligus pelantikan personel komcad dilakukan serentak di seluruh Indonesia, Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin memimpin upacara penutupan 500 personel komcad yang telah mengikuti berbagai pelatihan dasar kemiliteran selama empat bulan di Rindam I/BB, Pematangsiantar.  

Selain di Rindam I/BB, Latsarmil Komcad Hanneg Matra Darat lainnya juga digelar di Kodam XIII/Merdeka sebanyak 300 personel, Kodam IX/Udayana 500 personel, dan Kodam XVIII/Kasuari 200 personel. 

Sementara untuk Matra Laut berada di Komando Pendidikan Marinir sebanyak 500 personel, dan Matra Udara dipusatkan di Wingdik 800/Pasgat sebanyak 500 personel. 

Upacara penutupan turut dihadiri antara lain, Dir Belaneg Kemhan RI Brigjen TNI Sarwono BSc, SIP, PSC, Irdam I/BB Brigjen TNI Boni Christian Pardede, SE, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, para PJU Kodam I/BB, serta unsur Forkopimda Pematangsiantar yang hadir.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut