get app
inews
Aa Read Next : Pangdam I/BB Lantik 500 Personel Komcad, Ini Jumlah Seluruh Indonesia

Denintel Kodam I/BB dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ballpress

Minggu, 04 Juni 2023 | 20:37 WIB
header img
Tim gabungan monitoring dari Denintel Kodam I/Bukit Barisan dan Bea Cukai Kabupaten Batubara berhasil menggagalkan penyelundupan puluhan Ballpress impor

MEDAN, iNews.id - Tim gabungan monitoring dari Denintel Kodam I/Bukit Barisan dan Bea Cukai Kabupaten Batubara berhasil menggagalkan penyelundupan puluhan Ballpress impor di Jalinsum Sumatera tepatnya di RM Binaria Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumut.

Informasi yang diperoleh dari keterangan tertulis Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin, Minggu (4/6/) kepada wartawan.

Pengungkapan penyeludupan sekitar puluhan Ball Pres berisikan Baju Bekas dengan menggunakan mobil Indah Logistic cargo Nopol B 9832 FXU, sejak Kamis 1 Juni kemarin, sekitar Pukul 23.40 WIB, adanya informasi dari masyarakat.

"Penangkapan sebanyak 22 Ball Pres impor oleh Tim gabungan dipimpin Dan Bki-A Deninteldam /BB Kapten Inf Tommy Marselino bersama Kasi P2 Bea Cukai Gustap Hermawan, mobil tersebut ditemukan di Jalinsum Sumatera, Kecamatam Lima Puluh, Batu Bara, berjarak sekitar 3 KM dari RM Binaria, Medan, pada Jumat 2 Juni 2023, Pukul 00.18 Wib kemarin," katanya.

Menurut Pangdam, perlunya pencegahan terhadap maraknya penyelundupan barang Import bekas di wilayah Sumut. Barang ilegal impor bekas ini selain berdampak pada industri tekstil dalam Negeri,  selain itu dapat menimbulkan efek negatif, diantaranya kesehatan, sebab, komoditas ini dapat dikategorikan sebagai limbah barang larangan impor, terangnya.

Diketahui saat ini, kendaraan Indah Logistic cargo Nopol B 9832 FXU pembawa barang selundupan Ball Pres beserta sopir diamankan di Kantor Bea Cukai Batu Bara, guna proses sesuai dengan ketentuan.

Setelah dilakukan pemilahan barang oleh Pihak Bea Cukai Kuala Tanjung dan di saksikan oleh pihak Indah Logistic Cargo, ditemukan sebanyak 22 karung Ball Press yang berisi Pakaian Bekas.

Selanjutnya barang ilegal tersebut, akan dibawa ke Gudang Bea Cukai Belawan, sedangkan barang Domestik/legal lainnya langsung di bawa oleh Pihak Indah Logiatik Cargo.

Sementara menurut pengakuan sopir Indah Logistic cargo Imam Murianto, Dia mengaku Baju Bekas sebanyak 22 Koli Ball Pres yang dimuat dari Kota Bandung akan dibawa ke Medan.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut