get app
inews
Aa Read Next : Pangdam I/BB Apresiasi TNI Kodim 0303/Bengkalis Gagalkan Penyelundupan 4Kg Sabu

Pangdam I/BB Tegaskan TNI Tidak Berpolitik Praktis, Tetapi Politik Negara

Jum'at, 12 Mei 2023 | 12:21 WIB
header img
Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si, Foto: Ist

MEDAN, iNews.id - Terkait keterlibatan TNI dalam berpolitik, Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si angkat bicara, lantas Pangdam menegaskan bahwa TNI tidak memiliki warna dalam kepentingan Partai Politik maupun Parpol manapun, sebab politik TNI adalah politik Negara.

“TNI tidak berpolitik praktis, tetapi politik Negara,” hal itu dikatakan Pangdam I/BB dalam keterangan pers rilisnya yang diterima Inews, Jum’at (12/05/2023).

Lebih lanjut dikatakan Mayjen TNI A. Daniel Chardin, bahwa politik negara yang dianut TNI mengacu pada kepentingan nasional dalam rangka menjaga keamanan dan martabat bangsa Indonesia, ujarnya.

Menurutnya, TNI sebagai institusi tidak berperan sebagai artisan yang bekerja untuk kepentingan suatu pihak, namun konsisten sesuai tujuan pembentukannya yakni mencapai cita-cita nasional yang tertuang dalam konstitusi.

"Tugas pokok kita di dalam Undang-undang dikatakan kita menjaga Kedaulatan Negara, kita menjaga keutuhan wilayah Indonesia, Kita melindungi segenap bangsa dengan tumpah darah Indonesia, itukan Politik,” terang Pangdam Daniel Chardin.

Orang nomor Satu di Kodam I/BB itu pun menjelaskan, bahwa Tentara dilarang berpolitik praktis yang berkaitan kegiatan dan aktifitas atau gerakan dari satu orang atau sekelompok orang yang dapat mempengaruhi pandangan, pendapat masyarakat tentang suatu keputusan atau kebijakan pemerintah, atau bahkan dapat merubah keputusan pemerintah.

“TNI tidak akan pernah membela perseorangan tanpa didasari kepentingan bangsa dan Negara,” pungkas Jenderal Bintang Dua TNI Berdarah Kopassus itu.

Diketahui, Pangdam melakukan acara ngopi bareng dengan sejumlah insan media sekaligus peresmian Gedung Media Center Kodam I/BB bertempat di Jl. Rotan 1 Baru, Kecamatan Medan Petisah, Sumatera Utara, pada Selasa 9 Mei 2023 kemarin.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut