440 Ribu Penerima Manfaat Program Kartu Prakerja di Aceh

A Jamil
.
Rabu, 23 November 2022 | 14:22 WIB
Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki. Foto: Ist

Di Aceh, ada tiga besar daerah yang menjadi penerima Kartu Prakerja di Aceh yakni Kabupaten Aceh Utara (68.066 peserta), Bireuen (54.176) dan Pidie (43.075). 

Lima pelatihan yang paling banyak menarik minat penerima Kartu Prakerja di Aceh yakni penjualan dan pemasaran (strategi pemasaran dan penjualan, membuat konten pemasaran di sosial media, sukses berbisnis online), gaya hidup (teknik tata rias, belajar merancang busana, belajar merias diri), makanan dan minuman (mengolah makanan sehat, mengelola usaha warung, membuat aneka roti), manajemen (membangun usaha rintisan (start-up), menentukan dan mendirikan badan usaha, teknik wawancara bagi unit SDM) dan teknik (teknisi listrik, teknisi sistem perangkat keras, teknik menggunakan software editing).

CEO Kelas.com William Sutrisna mengungkapkan, Kelas.com sangat senang sekali bisa menjadi bagian dari ekosistem Kartu Prakerja. Kelas.com memiliki visi yang sejalan dengan Program Kartu Prakerja dan mendukung berbagai upaya untuk melakukan akselerasi pendidikan, dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

 “Belajar itu tidak ada akhirnya. Setiap manusia selama masa hidupnya harus terus belajar dan berkembang. Perkembangan zaman sangat cepat, sehingga kita harus terus selalu mengembangkan diri sendiri,” pesannya.

Salah satu alumni Kartu Prakerja dari Lhokseumawe, Harry Koko Priutama, menyatakan bahwa dengan adanya Program Kartu Prakerja dan Kelas.com,  ia bisa mengembangkan diri dari ahli-ahli keterampilan tertentu yang seringnya hanya ada di ibukota, tak sampai menjangkau kota-kota terpencil. 

“Saya suka ilmu baru dan mencoba hal-hal baru, termasuk menciptakan branding untuk sebuah usaha. Kini, saya merancang beberapa brand lokal UMKM di Lhokseumawe karena pelatihan branding yang saya ikuti. Banyak order, cuan pun bertambah,” katanya,
 
Testimoni lain datang dari Putri Puspita, ibu rumah tangga di Banda Aceh yang sekarang menghasilkan pendapatan bulanan. Dari awalnya membuat masker, kini Putri mendapat kontrak membuat sprei untuk jumlah besar selama tiga tahun ke depan.

 “Saya sarankan teman-teman untuk berkembang lebih maju meningkatkan keterampilan diri, seperti yang diajarkan pelatihan-pelatihan Program Kartu Prakerja,” jelasnya.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini