get app
inews
Aa
Read Next : Cut Ramadhani : Guru Penggerak Ujung Tombak Transformasi Pendidikan

Banjir Aceh Tamiang Kian Meluas, 12 Kecamatan Terancam Banjir

Rabu, 02 November 2022 | 00:06 WIB
header img
Kondisi awal terjadinya banjir pada malam hari, sejumlah rumah warga turut terendam air banjir, di Kawasan Desa Alur Manis, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang. Foto: Ist

ACEH TAMIANG, iNews.id - Sejumlah Kecamatan di Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Selasa (01/11/2022) dilanda banjir, diperkirakan ribuan warga harus mengungsi ke tempat lebih aman.

Dalam sepekan hujan mengguyur kawasan Aceh Tamiang, banjir diketahui terjadi Senin (31/10/2022) malam sekitar pukul 24.20 Wib merendam rumah warga di beberapa pemukiman.

Seorang warga Nur Hajizah (41) warga Desa Alur Manis, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, Dia mengetahui banjir saat hendak tidur, seketika air masuk kedalam rumah.

"Memang cuaca saat ini exstrem, setiap hari hujan disini, kalau gak pagi, sore bahkan sampai malam setiap harinya turun hujan. Biasanya juga air sungai tamiang naik, tapi gak sampai masuk kedalam rumah,"

"Namun tadi malam itu saat saya mau tidur, seketika sekitar pukul setengah dua malam, air tiba-tiba tumpah ruwah masuk kedalam rumah, sehingga kita tidak jadi tidur, saya dibantu suami dan anak-anak naikan barang-barang ketempat yang lebih tinggi," ungkapnya.

Sementara itu, Fakhrizal Kepala Desa Alur Manis mengatakan, banjir terjadi sejak pagi kemarin hingga sampai hari ini.

Fachrizal menyebutkan, diperkirakan banjir terjadi disebabkan intensitas hujan mengguyur sejak di bulan Oktober, alhasil sebanyak ribuan rumah di 12 Kecamatan se-Aceh Tamiang terendam banjir.

"Saat ini air semangkin meningkat naik, sementara warga kita dihimbau untuk mengungsi di tempat yang lebih aman. Kita perangkat desa Alur Manis bersama-sama bangun tenda darurat sementara, akan tetapi apabila nanti malam air terus naik, kita akan pindahkan warga ke tempat yang lebih aman lagi,"

"Untuk di Desa Alur Manis aja, saat ini warga yang mengungsi sekitar 536 KK yang terdampak banjir. Kita tetap terus pantau situasi, dikhawatirkan apabila malam ini air terus bertambah, pengungsi tentunya juga bertambah. Sementara bantuan dari desa untuk makan warga beberapa hari ini, mudah-mudahan ada bantuan, sehingga dapat meringankan beban warga pengungsi," harapnya.

Banjir yang melanda merendam disejumlah Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang seketika terjadi pada malam hari, selain rumah, tak sedikit harta benda milik warga ikut terendam air banjir, termasuk hewan ternak, namun berapa kerugian belum bisa dipastikan, saat ini kondisi air terus bertambah.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut