Logo Network
Network

17 Terdakwa Kasus Narkoba Divonis Mati Sejak 6 bulan Terakhir di PT Banda Aceh

Jamal Pangwa
.
Kamis, 14 Juli 2022 | 13:56 WIB
17 Terdakwa Kasus Narkoba Divonis Mati Sejak 6 bulan Terakhir di PT Banda Aceh
Daftar perkara Pengadilan Tinggi Banda Aceh telah menghukum mati 17 terdakwa perkara narkoba. Foto: Dok Hms Pengadilan Tinggi Banda Aceh

BANDA ACEH, iNews.id - Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh sudah menghukum mati terhadap 17 terdakwa perkara pidana khusus (Pidsus) narkoba. Hukuman mati tersebut diberikan Sejak Januari hingga akhir Juni 2022 atau dalam kurun waktu enam bulan terakhir setelah dijatuhi vonis hakim di pengadilan.

Hal tersebut diungkapkan Humas PT Banda Aceh, Dr Taqwaddin SH, SE, MS kepada iNews.id di Banda Aceh, Kamis (14/7/2022) pagi.

Menurut Taqwaddin, dari 17 perkara yang masuk ke tingkat pengadilan banding itu, mayoritas berasal dari Pengadilan Negeri (PN) Jantho, Aceh Besar, mencapai delapan perkara.

Disusul perkara yang masuk dari PN Banda Aceh dan PN Idi, Aceh Timur, masing-masing tiga perkara dan dari PN Meulaboh, Aceh Barat, dua perkara.

Di tingkat PN, tak semua perkara itu diputuskan dengan hukuman mati.

Ada tiga perkara yang terdakwanya divonis dengan hukuman seumur hidup.Lalu, jaksanya mengajukan banding.

Setelah berkas perkara dan putusan PN tersebut ditelaah dan disidang oleh majelis hakim PT Banda Aceh, putusan pengadilan tinggi pertama ditolak atau dibatalkan.

Hakim PT Banda Aceh justru menghukum terdakwa dengan hukuman yang lebih tinggi, yakni hukuman mati.

Putusan hukuman seumur hidup ke hukuman mati ini dialami oleh dua tervonis oleh PN Idi dan dua tervonis oleh PN Jantho.

Selain itu, ada dua terdakwa dari PN Jantho yang divonis majelis hakim dengan hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar, lalu divonis dengan hukuman mati oleh majelis hakim PT Banda Aceh, setelah jaksa penuntut umum mengajukan banding.

Selebihnya adalah perkara-perkara narkoba yang terdakwanya sudah divonis hukuman mati oleh pengadilan tingkat pertama (PN), lalu diperkuat dengan putusan yang sama oleh majelis hakim di tingkat pengadilan banding (PT Banda Aceh).

Terkait banyaknya putusan hukuman mati oleh PT Banda Aceh terhadap terdakwa bandar atau pengedar narkoba tersebut, Dr Taqwaddin menyatakan

"ini mengindikasikan betapa maraknya peredaran narkoba di Aceh. Padahal ini baru semester I sudah 17 perkara yang terdakwanya dihukum mati, nanti hingga Desember 2022 tentu bisa bertambah lagi. Terkait apa pertimbangan Majelis Hakim Tinggi memutuskan hukuman mati, silakan dibaca dan ditelusuri pada PN masing-masing dengan cara mengetik SIPP PN xxx pada google". Pungkas Dr Taqwaddin, Hakim Tinggi Ad Hoc Tipikor, yang juga Kordinator 2 Humas PT Banda Aceh.

Daftar perkara Pengadilan Tinggi Banda Aceh  telah  menghukum mati 17 terdakwa perkara narkoba. Foto: Dok Humas Pengadilan Tinggi Banda Aceh

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News

Bagikan Artikel Ini