get app
inews
Aa Read Next : Dua Kali Hilang Android, Pelatih Muaythai Jatim: Masyarakat Aceh Jujur

Pj Bupati Mahyuzar Pimpin Upacara Penyambutan Kirab Api PON di Aceh Utara

Selasa, 03 September 2024 | 23:11 WIB
header img
Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, memimpin upacara penyambutan kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh – Sumut. Foto: Ist

LHOKSUKON, iNewsLhokseumawe.id - Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, memimpin upacara penyambutan kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh – Sumut, berlangsung di lapangan upacara Landing Kecamatan Lhoksukon, Selasa, 3 September 2024.

Kirab api PON dibawa oleh rombongan pelari berjumlah 21 orang, tiba di perbatasan timur wilayah Kabupaten Aceh Utara, yakni di Kota Pantonlabu, pada Senin petang, 2 September 2024. Dalam kondisi hujan lebat rombongan menuju Kota Lhoksukon dan beristirahat sejenak untuk menunaikan shalat Magrib.

Selanjutnya, usai Magrib rombongan menuju Kantor Bupati Aceh Utara di Landing dan dilakukan prosesi penyambutan secara sederhana dengan jamuan makan malam. Prosesi jamuan makan malam digelar di ruang lobi utama Kantor Bupati, dihadiri oleh seluruh peserta kirab api PON, baik atlet maupun tim official Dan pendukung.

Kemudian pada pagi hari Selasa, 3 September 2024, dilakukan upacara kirab api PON di lapangan upacara Landing yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Dr Mahyuzar. Bertindak sebagai perwira upacara Ainul Hamdi, STr.IP, dan komandan upacara Fuad Cahyadi, SSTP. Sedangkan pembawa api PON dilakukan oleh atlet legend asal Cot Girek, Aceh Utara, bernama Supriono, mantan atlet lempar lembing yang beberapa kali pernah merebut medali emas pada even PORA. Supriono juga pernah memperkuat Kontingen PON Aceh, dan saat ini tercatat sebagai guru di SMA Negeri 1 Baktiya.

Turut hadir pada prosesi upacara tersebut para pejabat Forkopimda Aceh Utara, di antaranya Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, SH, SIK, Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon Ngatemin, SH, MH, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar, ST, MHI, dan Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Utara Teuku Muzafar, SH, MH. 

Juga hadir  Sekretaris KONI Aceh Utara Nazaruddin, SAg, MHum, Pj Sekdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, Asisten I Setdakab Dr Fauzan, SSTP, MPA, Plt Asisten II Samsul Rizal, ST, MAP, Asisten III Fauzan, SSos, MAP, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata M Nasir, SSos, MSi, beserta para Kepala SKPK lainnya, para Camat, Kabag serta para Kepala Sekolah. Juga turut dimeriahkan oleh para pelajar dari sekolah-sekolah yang berada di lintasan jalan nasional.

Pj Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, dalam amanatnya antara lain menyampaikan terimakasih kepada Panitia Kirab Api PON ke-21 Aceh-Sumut yang telah memilih wilayah Aceh Utara sebagai salah satu daerah yang dilintasi kirab api PON. “Mari kita bersama-sama memberikan dukungan pada pelaksanaan PON ke-21 Aceh-Sumut yang berlangsung pada tanggal 8 hingga 20 September 2024,” kata Mahyuzar.

Mahyuzar juga mengucapkan selamat dan sukses kepada panitia dan peserta kirab api PON yang telah membawa obor dengan berkeliling di 23 Kabupaten/ Kota dalam Provinsi Aceh. “Semoga obor api PON ini sampai di tempat pembukaan PON di Ibukota Provinsi Aceh. Kita semua memberikan dukungan doa agar semua prosesi ini bisa berjalan aman dan lancar serta menggenapkan perjalanannya pada 6 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa Kota Banda Aceh.”

Lebih jauh Mahyuzar menyampaikan bahwa di Aceh Utara bertanding dua cabang olahraga (Cabor) dirgantara, yaitu cabor terbang layang dan cabor paramotor, yang dilaksanakan di Bandara Malikussaleh Kecamatan Muara Batu. Cabor paramotor bahkan sudah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu, dan telah sukses mendulang sebanyak 2 medali emas untuk kontingen Provinsi Aceh.

Usai pelaksanaan upacara, kirab api PON kemudian melanjutkan konvoi menuju menuju Kota Lhokseumawe. Saat melintasi jalan nasional antara Landing – Syamtalira Bayu, rombongan kirab disambut antusias segenap lapisan masyarakat dan para pelajar yang memenuhi pinggir jalan. Kirab api PON selanjutnya disambut oleh Pemko Lhokseumawe di perbatasan Aceh Utara – Lhokseumawe, kawasan Kecamatan Syamtalira Bayu.

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut