get app
inews
Aa Read Next : PLN Nusantara Power UP Arun Bantu Peralatan Pertanian kepada Warga

Guru Besar Pertama IAIN Lhokseumawe, Rektor dikukuhkan langsung Direktur Diktis Kemenag

Kamis, 09 Mei 2024 | 12:48 WIB
header img
Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe Prof. Dr. Danial, M.Ag., dikukuhkan menjadi guru besar pada bidang Ilmu Hukum Islam, pada Kamis (09/05/2024). Foto: Ist

LHOKSEUMAWE, iNewsLhokseumawe.id - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe Prof. Dr. Danial, M.Ag., dikukuhkan menjadi guru besar pada bidang Ilmu Hukum Islam, pada Kamis (09/05/2024). Pengukuhan ini merupakan penyematan gelar Guru Besar pertama di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe.

Prosesi pengukuhan yang diselenggarakan di Aula Serbaguna IAIN Lhokseumawe berlangsung khidmat ditandai dengan penyematan tanda guru besar oleh Direktur Diktis Kementerian Agama, Prof. Ahmad Zainul Hamdi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Prof. Muhammad Ali Ramdhani turut hadir dalam sambutannya menyampaikan bahwa lahirnya profesor rumpun ilmu agama, khususnya yang berusia muda, tentunya menjadi energi baru bagi penguatan aspek riset dan publikasi yang harus kita akui. 

“Prof Danial bukan hanya guru besar pertama IAIN Lhokseumawe, tapi juga pendorong motivasi untuk kita semua,” ujar sekjen.

Berdasarkan pada prinsipnya penajaman-penajaman kehidupan yang disampaikan Prof. Danial di orasinya tereletak pada pemahaman dan pengalaman agamanya, yang diperluas pada unsur-unsur kehidupan. “Semoga apa yang disampaikan tidak hanya berakhir pada pikiran saja tapi juga dilaksanakan dengan baik,” lanjutnya.

Sebelumnya, Rektor juga menyampaikan orasi ilmiah pada pidato pengukuhannya yang bertajuk Peta Jalan Pelaksanaan Syari’at Islam Di Aceh (Mendekatkan Idealitas Islam dan Realitas Kehidupan Masyarakat Aceh). 

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut