get app
inews
Aa Read Next : CISAH Gelar Haul Sultan Al- Malik Ash-Shalih ke 749 Tahun

Safari Ramadhan Hari ke-3, Pj Bupati Mahyuzar Disambut Jamaah Masjid Baitul Karim Nibong

Selasa, 26 Maret 2024 | 01:39 WIB
header img
Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar menyerahkan bantuan untuk Masjid Baitul Karim Gampong Sumbok Rayeuk. Foto: Ist

LHOKSUKON, iNews.id - Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, disambut antusias oleh jamaah dan tokoh masyarakat Kemasjidan Baitul Karim Gampong Sumbok Rayeuk Kecamatan Nibong, Senin, 25 Maret 2024.

Kunjungan Mahyuzar dan rombongan ke Masjid Baitul Karim Gampong Sumbok Rayeuk merupakan rangkaian hari ke-3 kegiatan safari Ramadhan Pemkab Aceh Utara tahun 1445 H. Dalam rombongan Pj Bupati Mahyuzar, juga terlihat Pj Sekda Dayan Albar, SSos, MAP, Plt Asisten I Dr Fauzan, SSTP, MPA, Asisten III Fauzan, SSos, MAP, para Kepala SKPK, para Camat dan Kabag, serta para pejabat Muspika Nibong.

Kehadiran Pj Bupati Mahyuzar disambut langsung oleh Imum Syik Masjid Baitul Karim Gampong Sumbok Rayeuk Tgk Irsanuddin, Camat Nibong Rizky Rasmana Hanafiah, SIP, MSi, Anggota DPRK Drs As'adi, dan tokoh masyarakat lainnya.

Kegiatan diawali dengan acara buka puasa bersama jamaah Masjid Baitul Karim dan tokoh masyarakat setempat. Kemudian dilanjutkan dengan shalat Magrib dan shalat Isya berjamaah. Pelaksanaan shalat sunat tarawih dan witir diimami oleh Tgk Ir Muhammad Hatta, MT, dari Komunitas Pemuda Subuh (Kompas ) Aceh Utara. Selanjutnya kegiatan diisi dengan tausiyah Ramadhan oleh Tgk Ibnu Hajar dari Dayah Malikussaleh Pantonlabu.

Pj Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, mengatakan tujuan safari Ramadhan adalah untuk menjalin silaturrahmi, guna meningkatkan ukhuwah islamiyah di antara semua komponen masyarakat. Pihaknya merasa sangat berbahagia karena dapat berkumpul bersama dengan masyarakat Kecamatan Nibong dan sekitarnya pada hari ke-14 puasa atau malam ke-15 Ramadhan.

"Melalui silaturrahmi mari kita menggapai hakikat dari pelaksanaan ibadah puasa, yaitu untuk menjadi manusia paripurna, yaitu insan kamil yang dicintai oleh Allah SWT," ungkapnya.

Dengan masuknya bulan Ramadhan, Mahyuzar mengajak masyarakat untuk kembali meningkatkan kepedulian sosial, membangun tali persaudaraan, dan ukhuwah islamiyah yang lebih kental. "Kami yakin, jika rasa ukhuwah dan persaudaraan dalam masyarakat kita terjalin dengan baik, maka persoalan-persoalan sosial yang menimbulkan keresahan dalam masyarakat akan dapat kita reduksi, seperti masalah Narkoba, pergaulan bebas, tawuran remaja dan begal yang mulai muncul akhir-akhir ini," kata Mahyuzar.

Sementara Tgk Ibnu Hajar dalam tausiyahnya antara lain mengajak masyarakat meneladani nilai- nilai yang ada dalam ibadah puasa. Bahwa salah satu nilai penting dalam ibadah puasa adalah untuk menanam sifat kejujuran dalam diri pribadi setiap muslim. Bahwa sifat kejujuran itu sangat penting bagi siapapun dalam meniti kehidupan ini, bukan hanya dari sisi ketaatan beragama, akan tetapi juga dalam kehidupan sosial, bermasyarakat dan bernegara. 

"Jika sifat-sifat kejujuran ini sudah kita miliki bersama, maka sungguh seluruh tatanan sosial akan berjalan baik dan sempurna. Tidak perlu ada lagi pengawasan, karena setiap orang sudah berlaku jujur dan taat," ungkap Tgk Ibnu Hajar.

Dalam kegiatan safari Ramadhan tersebut, Pj Bupati Mahyuzar turut menyerahkan bantuan untuk Masjid Baitul Karim Gampong Sumbok Rayeuk berupa sajadah panjang, kitab suci Alqur'an, dan dana pembinaan kemakmuran masjid. Pada kesempatan itu juga dilakukan santunan untuk 30 anak yatim dengan anggaran bersumber dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut