get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati Aceh Utara Sampaikan LKPJ Tahun 2023 kepada DPRK

Angka Stunting Tinggi, Pj Bupati Mahyuzar dan Dandim Letkol Hendra Beri Bantuan Untuk 20 Anak

Senin, 17 Juli 2023 | 07:55 WIB
header img
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara Dr. Mahyuzar menyerahkan bantuan stunting di Lhokseumawe, Aceh. Foto: Ist

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara Dr. Mahyuzar menyampaikan salah satu prioritas pemerintah daerah melaksanakan penurunan angka stunting, sebagaimana amanah Presiden Jokowi, yaitu untuk memperhatikan dan kepedulian pemerintah daerah maupun dengan stakeholder.

“Terutama ini saya melihat kepedulian yang sangat luar biasa dari Dandim Aceh Utara beserta jajaran beliau terhadap kondisi jumlah stunting yang dianggap sangat tinggi di Aceh Utara maupun Kota Lhokseumawe,” kata Mahyuzar kepada awak media saat menghadiri acara silaturahmi keluarga besar Kodim 0103/Aceh Utara, di Pantai Pioneer Camp, Lhokseumawe, Minggu (16/7/2023).

Tentu ini menjadi perhatian kita bersama, artinya kami sebagai pemerintah daerah tentu berbangga hati, senang hati, karena Dandim Aceh Utara sangat peduli terhadap stunting.

Mahyuzar menyebutkan pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan launching bapak asuh stunting. “Kita akan segera mencari momen untuk Launching "Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) di Aceh Utara yang melibatkan semua stakeholder dan forkopimda untuk saling membantu menurunkan angka Stunting melalui kepedulian dengan memberikan bantuan makanan bergizi bagi anak usia seribu Hari Pertama Kelahiran (HPK), yang masih bisa dikoreksi jika di indikasi Stunting,”katanya. 

Mahyuzar mengatakan jika dilakukan lewat pemerintah pusat atau pun lembaga, misal BKKBN cukup memberikan dua telur bagi seorang anak yang kita berikan setiap hari dan itu selama 6 bulan modelnya kecil sekali hanya paling maksimal itu 100.000 saja 1 bulan.

“Untuk ke depan kita coba 6 bulan, nanti kita ajak Dandim, stakeholder, perusahaan-perusahaan yang ada di kita. Mari kita bantu anak anak yang stunting, yang penting datanya ada dan ini benar kita berikan, terutama keluarga anak yang punya anaknya yang berisiko stunting supaya diberikan dua telur, dengan dua telur koreksi menurunkan angka resiko stunting,”ujarnya. 

Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Inf Hendra menyampaikan, terima kasih atas kesempatan kehadiran bapak Pj Bupati menjadi momentum buat kami keluarga besar Kodim Utara.

"Kita mendukung Pemda dalam hal ini dibawah kepemimpinan Pj Bupati Aceh Utara, Dr Mahyuzar, dan kita tahu bahwa Aceh Utara ini cukup banyak juga yang dikoreksi stunting, tapi kita perlu tindak lanjut di lapangan mengecek secara langsung, apakah memang benar stunting jadi kalau bener-bener stunting kita adakan solusinya bagaimana sesuai dengan ketentuan dari komando atau dari pemerintah, kata Letkol Inf Hendra.

Sore hari ini, Minggu (16/7) ada sekitar 20 orang tadi dengan membawa anak yang diindikasikan atau dikoreksi stunting dicek langsung di lapangan. Ini merupakan upaya yang bagus untuk mendukung program pemerintah dalam hal ini bapak Presiden Jokowi dalam rangka menuntaskan stunting.

“Kita harap ke depan dengan dukungan dari bapak Pj Bupati, keluarga besar Kodim 0103 Aceh Utara siap mendukung pada program kegiatan di stunting berikutnya,” pungkasnya. 

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut