get app
inews
Aa Read Next : Bank Aceh Berikan Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional Kepada Puluhan Warga Lhokseumawe

Program Energy Sehat Peduli Stunting, PAG Launching Rumah Gizi Gampong di Desa Blang Pulo

Kamis, 13 Juli 2023 | 14:11 WIB
header img
PT Perta Arun Gas (PAG) melaksanakan launching Rumoh Gizi Gampong (RGG). Foto: Ist

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Berkomitmen menekan angka stunting di Kota Lhokseumawe, PT Perta Arun Gas (PAG) melaksanakan launching Rumoh Gizi Gampong (RGG).

Kegiatan bertema "Program Energy Sehat PAG Peduli Stunting & Launching Rumah Gizi Gampong (RGG)"  tersebut diselenggarakan di Gampong Blang Pulo, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, pada Kamis (13/7/2023).

Rumoh Gizi Gampong tersebut diresmikan oleh Pj Wali Kota Lhokseumawe, Dr.Drs. Imran, M.Si, MA.C.d yang diwakilkan Kepala DP3AP2KB Kota Lhokseumawe Salahuddin. 

Turut hadir Geuchik Blang Pulo, Kepala Dinas Kesehatan yang mewakili,  Muspika Se - Kecamatan Muara Satu, serta unsur tokoh masyarakat. 

Kepala DP3AP2KB Kota Lhokseumawe Salahuddin mengingatkan, sesuai target Presiden Jokowi yaitu 14%, kita optimisnya nol (0%)  harapannya dengan keterlibatan dan kerjasama seluruh stakeholder, maka stunting di Kota Lhokseumawe akan tuntas seluruhnya. ”Kita coba pacu untuk naikkan berat badan, dengan konsumsi rutin telur, kacang ijo, karbohidrat yang akan memacu cepat tumbuhnya anak” katanya.

Manager Corcomm & CSR PAG, Iskandarsyah mengatakan, nantinya perusahaan mendukung stunting ini melalui Gerakan Orangtua Asuh. "Saat ini kami dipercaya sebagai bapak asuh anak stunting, nantinya perusahaan akan terus berkoordinasi terkait penanganan gizi dengan Pukesmas setempat. 
Oleh karena itu, mari kita bersama - sama berkolaborasi dan berupaya mencegah dan mengatasi stunting," ujarnya. 

Dikesempatan yang sama, Plt kepala puskesmas muara satu Nyanyak Meutia STr.Keb menerangkan, program RGG ini merupakan program pemerintah Aceh dalam penanganan stunting secara terpadu dan terintegrasi melalui pendekatan pemerdayaan keluarga. Stunting tidak hanya dipengaruhi oleh asupan makanan tetapi faktor lingkungan juga sangat berpengaruh. 

Menurut data terbaru jumlah balita stunting di wilayah muara satu berjumlah 197 orang anak dan "Dalam program orang tua asuh nantinya, perta arun gas akan membantu 50 orang anak dengan rincian dari Blang Pulo 35 orang anak dari Batuphat Timur 15 orang anak. Alhamdulillah pihak perusahan telah menyetujui," ucap Plt kepala Puskesmas Muara Satu.

RGG yang kita Launching hari ini merupakan RGG ketiga diwilayah kerja Muara Satu, Pertama didesa Blang Panyang, kedua didesa Meuria Paloh.

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut