Logo Network
Network

Pj Bupati Aceh Utara Serahkan 10 Unit Motor Viar untuk Armada Sampah

A Jamil
.
Senin, 12 Desember 2022 | 15:37 WIB
Pj Bupati Aceh Utara Serahkan 10 Unit Motor Viar untuk Armada Sampah
Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, menyerahkan tiga unit ambulans untuk Puskesmas. Foto: Ist

ACEH UTARA, iNews.id - Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, menyerahkan 10 unit motor Viar untuk tambahan armada pengangkut sampah di kecamatan-kecamatan. Prosesi penyerahan berlangsung di halaman Kantor Bupati di Landing Kecamatan Lhoksukon, Senin (12/12/2022).

Motor Viar itu dilengkapi dengan bak tertutup, merupakan bantuan dari Bank Aceh Syariah melalui Program Dana Bank Aceh Peduli. Diserahkan oleh Pj Bupati Azwardi kepada para Camat, turut disaksikan oleh Asisten I Setdakab Dayan Albar, SSos, MAP, pimpinan Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Utara T Cut Ibrahim, SE, MSi, dan sejumlah pejabat terkait.

Kecamatan yang mendapatkan bantuan armada pengangkut sampah tersebut masing-masing 1 unit untuk Kecamatan Tanah Jambo Aye, Samudera, Dewantara, Muara Batu, Seunuddon, dan 2 unit untuk Kecamatan Lhoksukon. Selain itu, juga ditempatkan masing-masing 1 unit di Pendopo Bupati, di Kantor Bupati, dan di Dinas DLHK Kabupaten Aceh Utara.

Armada sampah berupa motor Viar itu dimaksudkan untuk menjangkau titik-titik tumpukan sampah yang sulit dimasuki oleh truk sampah, baik yang ada di pusat-pusat pasar, maupun kawasan pemukiman dan perkantoran. Sampah tersebut kemudian diangkut ke tempat penampungan sementara (TPS) yang ada di setiap pasar kecamatan.

“Kami harapkan agar motor sampah ini dapat digunakan dengan baik, agar Pak Camat dapat memantau penggunaannya di masing-masing kecamatan. Gunakan sesuai fungsinya, yaitu untuk mengangkut sampah, bek jipakek untuk peu ek boh u (jangan dipakai untuk angkut buah kelapa),” harap Azwardi, Pj Bupati Aceh Utara.

Jika digunakan sesuai peruntukannya, diyakini motor Viar ini akan bertahan lebih lama sehingga dapat mendatangkan manfaat yang maksimal bagi peningkatan kebersihan dalam lingkungan masyarakat. Kondisi pasar-pasar tradisional yang ada di setiap kecamatan harus terlihat lebih bersih dan tertata dengan baik, sehingga memberikan kenyamanan bagi siapapun yang datang ke sana. 
Pada kesempatan itu Azwardi menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada manajemen Bank Aceh Syariah yang telah merespons dengan cepat terhadap kebutuhan armada sampah di wilayah Aceh Utara. Selama ini produksi sampah di beberapa areal pasar melebihi dari kemampuan angkutan yang ada. Apalagi kondisi sejumlah truk sampah sudah tua dan rusak, sehingga tidak mampu lagi melakukan pengangkutan secara maksimal. 

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, juga menyerahkan tiga unit ambulans untuk Puskesmas. Masing-masing untuk Puskesmas Seunuddon, Puskesmas Meurah Mulia dan Puskesmas Samudera.
Unit ambulans tersebut merupakan hasil pengadaan melalui Dana Insentif Daerah (DID) tahun 2022, diterima langsung oleh para Kepala Puskesmas setempat. Prosesi penyerahan turut disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin, SKM, dan sejumlah pejabat terkait.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News

Bagikan Artikel Ini