get app
inews
Aa
Read Next : Pangdam I/BB Lantik 500 Personel Komcad, Ini Jumlah Seluruh Indonesia

Pangdam Daniel Chardin Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Layak Huni di Hamparan Perak

Jum'at, 02 September 2022 | 11:31 WIB
header img
Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, M.Si melakukan peletakan batu pertama renovasi rumah milik warga menjadi Rumah Layak Huni (RLH). Foto: Ist

DELI SERDANG, iNews.id - Pembangunan puluhan rumah dari tidak layak huni dimulai. Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, M.Si melakukan peletakan batu pertama renovasi rumah milik warga menjadi Rumah Layak Huni (RLH), Kamis (01/09/2022).

"Disaksikan Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad, SIP, M.Si, Mayor Eko yudho Prayitno, SIP, Camat, Pejabat tamu undangan dan pemilik rumah, Pangdam mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dan melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan rumah,"

Diketahui sebanyak 30 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga di Jalan Pertamina, Dusun V Kebun Baru, Desa Hamparan Perak, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (1/9/2022) mulai dikerjakan.

Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, M.Si mengatakan, Kodam I/Bukit Barisan menjalankan program Bina Teritorial, dengan melakukan rehab rumah warga, salah satunya Jasmi (58) dari rumah belum layak menjadi rumah layak huni.

"Dalam rangka Binter ini, kita sesuaikan dengan kondisi wilayah. Disini kita melakukan bedah rumah disini, karena ada beberapa rumah disini yang kita anggap mungkin belum layak, jadi kita rehab supaya layak dihuni, " tutur Jenderal Bintang Dua Pimpinan Kodam I/BB itu.

Pangdam menyebutkan, selain pembangunan rumah, juga melakukan pertanian di daerah Tuntungan, termasuk di daerah dekat Bandara, kita menanam jagung bagian dari ketahanan pangan, termasuk di daerah lain seperti di Daerah - daerah dekat pantai membina pertambakan.

"Kegiatan itu wujud kita dalam menerapkan pembinaan teritorial ini, dalam situasi damai seperti ini kita bekerja sama dengan semua stakeholder, tokoh masyarakat dan lain-lain, untuk saat ini targetnya 30 rumah dulu, di tempat lain sudah ada beberapa, ini yang pertama disini," ungkap Pangdam Daniel Chardin.

Sementara itu, Jasmi (58) salah satu warga yang menerima bantuan perehaban rumah, mengucapkan terima kasih kepada Pangdam l/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, M.Si yang telah peduli kepadanya dan warga lainnya.

Jasmi menceritakan bahwa dirinya tinggal sendiri dirumah yang tidak layak huni di Jalan Pertamina, Dusun V Kebun Baru, Desa Hamparan Perak. Setiap hujan Jasmi harus tidur di kursi dengan kondisi rumah yang banjir dan tanpa penerangan.

"Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kepada Bapak Pangdam, rumah saya akan direhab, " ucap Jasmi yang mengaku memiliki 8 anak.

"Dulu setiap hujan rumah saya banjir, saya tidurnya di kursi, kalau banjir saya harus mengurus rumah, " tutupnya.

Diakhir acara peletakan batu pertama, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin membagikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu sebanyak 300 orang.

Acara turut dihadiri antara lain, Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad, SIP, M.Si, Pabandya Bhakti Kodam l BB Mayor Eko yudho Prayitno, SIP PLT Kapolsek Hamparan Perak, Camat dan Kepala Desa Hamparan Perak, serta masyarakat yang hadir.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut