Awali Pertandingan, Cabor Terbang Layang Gelar Peusijuek dan Doa Bersama

A Jamil
Pelaksanaan peusijuek (tepung tawar) dan doa bersama digelar sehari sebelum memulai pertandingan cabor terbang layang,l. Foto: Ist

ACEH UTARA, iNewsLhokseumawe.id - Kegiatan peusijuek dan doa bersama mewarnai awal aktivitas cabang olahraga aerosport terbang layang pada even Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut tahun 2024.

Pelaksanaan peusijuek (tepung tawar) dan doa bersama digelar sehari sebelum memulai pertandingan cabor terbang layang, Kamis, 5 September 2024, bertempat di venue Bandara Malikussaleh Kabupaten Aceh Utara. Cabor aerosport terbang layang akan mulai bertanding pada tanggal 6 hingga 19 September 2024, diikuti oleh kontingen dari 14 Provinsi.

Ketua Panitia Pelaksana Cabor Terbang Layang Letkol Lek Farid Nazmi, ST, MMSc, mengatakan kegiatan peusijuek dilakukan oleh Tgk H M Yunus dari Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Utara. Sedangkan shalawat dan doa bersama dipimpin oleh Tgk H Ibrahim Mansyari, tokoh agama dari Kecamatan Samudera. 

Acara itu dihadiri oleh seluruh unsur panitia, Technical Delegate cabor terbang layang Prasetyo Herminto, SIP, MAP, para atlet dan official kontingen, tim wasit, para liaison officer, volunteer, worker force maupun tenaga pendukung lainnya.

"Kita sangat atensi dengan local wisdom yang umumnya dilakukan masyarakat Aceh, dimana setiap akan memulai suatu hajatan, baik besar maupun kecil, selalu diawali dengan peusijuek yang dirangkai dengan doa bersama. Nilai-nilai kearifan lokal ini tentu sangat bermakna saat kita lakukan pada agenda besar seperti acara PON ini," kata Farid.

Melalui agenda peusijuek dan doa bersama itu diharapkan dapat mendatangkan kebaikan, kelancaran dan sukses semua agenda pertandingan yang telah direncanakan. Terutama bagi para atlet yang akan bertanding, mudah-mudahan tidak terjadi insiden apapun selama pelaksanaan PON berlangsung.

Cabor aerosport terbang layang akan memulai perlombaan pada Jumat, 6 September 2024. Cabor ini mempertandingkan 14 mata lomba untuk putra dan putri. Dengan kata lain, terbang layang memperebutkan 14 medali emas, 14 perak dan 14 perunggu.

"Alhamdulillah, kondisi pembangunan venue saat ini sudah siap untuk memulai pertandingan. Pada uji terbang (test flight) selama empat hari kemarin, semua sukses dan lancar, tidak ada kendala yang berarti selain faktor cuaca," ungkap Farid didampingi Technical Delegate Prasetyo Herminto.

Pada sesi test flight hari terakhir Rabu kemarin, dilaporkan pihaknya memakai 3 unit pesawat penarik dan 26 pesawat glider. Pesawat penarik yang digunakan adalah jenis Husky, Savana, dan Cessna. Sedangkan pesawat glider, masing-masing 15 unit glider schwitzer single dan
11 unit glider scwitzer dual.

"Pelaksanaan latihan bersama semua kontingen dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar," jelasnya.

Editor : Armia Jamil

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network