get app
inews
Aa Read Next : CISAH Gelar Haul Sultan Al- Malik Ash-Shalih ke 749 Tahun

PIM Meriahkan HUT Ke-42 dari Porseni, Tapak Tilas Sejarah Aceh, Hingga Inovasi Sosial

Senin, 26 Februari 2024 | 18:04 WIB
header img
Pembersihan Masjid. Foto: Ist

ACEH UTARA, iNews.id - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 dengan rangkaian kegiatan yang menggabungkan semangat olahraga, seni, dan pengabdian kepada masyarakat. Perusahaan pupuk yang beroperasi di Aceh ini mengusung tema "Breaking the Challenges" sebagai manifestasi semangat untuk mengatasi berbagai tantangan.

Ketua HUT PT PIM, Jimmy Fauzan mengatakan, HUT PIM dirayakan melalui Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang berlangsung sejak 8 Januari hingga 21 Februari 2024.  Beragam cabang olahraga seperti Badminton, Bola Voli, Tenis Meja, Futsal, Viral Beregu (Lari, Sepeda dan Jalan), Seni Film Pendek (Short Movie), Seni Fashion Show (khusus anak-anak), Seni Cabang Seni Paduan Suara , dan Cabang Seni Trio Vokal.

Jimmy menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya mengusung semangat kompetisi, tetapi juga memiliki dimensi kebersamaan dan berbagi pengetahuan. Berbagai kegiatan seperti Sharing Knowledge dan Eksibisi olahraga dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan dan memberikan inspirasi bagi karyawan.

“Kami juga melaksanakan kegiatan olahraga Lari Maraton 5 Km pada 14 Januari 2024 yang diikuti 350 peserta (karyawan dan mitra kerja perusahan). Kemudian, pada 3 dan 4 Februari kami mengadakan Lomba Renang dan atraksi olahraga Taekwondo bagi anak-anak karyawan PT PIM serta anak anak lingkungan yang bersekolah di SD, SMP, dan SMA PT PIM,” terangnya.

Jimmy menyebutkan, PIM juga mengadakan pengabdiannya terhadap lingkungan masyarakat  (Kearifan Lokal) seperti Tausiah Islamiah pada 15 Februari 2024 (ba’da magrib) dan 16 Februari 2024 (ba’da subuh) di Masjid Al Muntaha PT PIM dengan menghadirkan Ustad Irfan Yusuf. Kemudian, Gema Anak Shaleh PIM-2 yang merupakan perlombaan yang dikhususkan bagi anak karyawan dan anak-anak di lingkup Kecamatan Dewantara Aceh Utara yang dilaksanakan pada 17 dan 18 Februari 2024 di Masjid Al Muntaha PT PIM.

“Kegiatan ini adalah satu upaya nyata perusahaan dengan memberikan wadah yang inspiratif bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang bertanggung jawab, beriman, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh 166 anak dari dari 25 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Dewantara Aceh Utara,” ungkapnya..

Adapun jenis perlombaan yang dilaksanakan yaitu Lomba Adzan, Lomba Hafalan Ayat Pendek dan Lomba Hafalan Tahfidz (5 Juz). PT PIM mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak dalam memahami nilai-nilai keagamaan, moral, dan sosial.

Sementara, Vice President Hubungan Masyarakat PT PIM, Zulhadi menyampaikan, PIM juga melakukan pengabdian dengan membersihkan Masjid dan Tapak Tilas Sejarah Aceh, diantaranya, Masjid Museum Cut Meutia, Pirak Timu Aceh Utara,  Masjid Samudera Pasai, Geudong Aceh Utara, Masjid Awe Geutah, Peusangan Bireuen, dan  Masjid Habib Bugak, Jangka Bireuen.

Selain melakukan pembersihan Masjid, PT PIM melaksanakan salah satu program perusahan yaitu Inovasi Sosial diantaranya Program Dayah Terang Ibadah Gemilang yaitu pembagian Bola Lampu LED dan Program Pengolahan Sampah Organik untuk Masyarakat Berkelanjutan yaitu sosialisasi kepada masyarakat dalam membagi dan mengolah sampah organic agar dapat dimanfaatkan kembali dengan memberikan Compos Bag.

“PT PIM juga melakukan penanaman pohon Pucuk Merah di lingkungan masjid yang didatangi. Dalam salah satu kegiatan kearifan lokal ini, karyawan PT PIM secara sukarela mengumpulkan sumbangan untuk diberikan kepada setiap masjid-masjid yang didatangi,” sebut Zulhadi.

Ia menambahkan, dengan berbagai kegiatan yang melibatkan karyawan, mitra perusahaan, dan masyarakat sekitar, HUT ke-42 PT Pupuk Iskandar Muda tidak hanya menjadi momen perayaan, tetapi juga momentum untuk terus berkontribusi positif dalam mengatasi tantangan dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Aceh.[]

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut