get app
inews
Aa Read Next : Buka Musrenbang RKPD, Pj Bupati Mahyuzar Tegaskan 7 Prioritas Pembangunan Aceh Utara 2025

Lagi, Pemkab Aceh Utara Geser Posisi 8 Pejabat JPT Pratama

Jum'at, 02 Februari 2024 | 11:18 WIB
header img
Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi . Melantik delapan pejabat JPT Pratama. Foto: Ist

LHOKSUKON, iNews.id - Delapan pejabat pada Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) dalam jajaran Pemkab Aceh Utara dilakukan mutasi atau rotasi jabatan. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung pada Kamis sore, 1 Februari 2024, di aula Pendopo Bupati.

Prosesi   pelantikan   dilakukan   oleh   Penjabat   Bupati   Aceh   Utara   Dr   Mahyuzar,   MSi, terhadap delapan pejabat JPT Pratama dimaksud. Mereka digeser dari jabatan lama untuk menduduki jabatan baru yang setara. Prosesi pelantikan tersebut turut dihadiri Penjabat Sekdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, para Kabag dan Camat, serta sejumlah pejabat lainnya.

Sebanyak delapan pejabat JPT Pratama yang dilantik untuk menduduki jabatan baru dalam jajaran Pemkab Aceh Utara, masing-masing Drs Adamy, MPd, sebelumnya merupakan Asisten III (Administrasi Umum) pada Setdakab Aceh Utara dilantik untuk menduduki jabatan baru sebagai Kepala Bappeda. Saifuddin, SSTP, MSP, dipercayakan untuk memimpin Badan Kepegawaian Dan Pengembangan SDM dari sebelumnya sebagai Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata.

Selanjutnya dr Baihaki kini menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan Dan Pembangunan dari sebelumnya sebagai Direktur RSUD Cut Meutia, Saifullah, MPd, sebelumnya merupakan Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan digeser untuk menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan, Fauzan, SSos, MAP, sebelumnya sebagai Kepala Dinas Perhubungan sekarang menjadi Asisten III (Administrasi Umum) Setdakab Aceh Utara, sedangkan M Nasir, SSos, MSi, yang sebelumnya merupakan Kepala Bappeda kini dipercaya untuk menjadi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata.

Berikutnya Ir Saifullah, MT, dilantik pada jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan dari posisi sebelumnya sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan Dan Pembangunan, serta Teuku Cut Ibrahim, SE, MSi, dilantik untuk mengisi jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perhubungan dari jabatan lama sebagai Kepala Dinas  Lingkungan Hidup Dan Kebersihan.

Penjabat   Bupati   Aceh   Utara   Dr   Mahyuzar,   MSi,   dalam  sambutannya yang dibacakan oleh Pj Sekda Dayan Albar, SSos, MAP, antara   lain mengharapkan pejabat   Pimpinan     Tinggi     Pratama   yang telah dilantik tersebut agar dapat bekerja dengan semangat dan gairah yang baru, yang lebih fresh dan energik demi kemaslahatan masyarakat Aceh Utara. 

Disampaikan bahwa rotasi dan promosi  jabatan dalam birokrasi pemerintahan adalah hal yang     biasa dan  wajar, sesuai dengan kebutuhan      organisasi  dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintahan dan pembangunan.Mutasi   tersebut  sesuai  dengan Surat  Rekomendasi  Komisi   Aparatur  Sipil  Negara Nomor B-4410/JP.00.01/11/2023 tanggal 21 November 2023 Perihal Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi Pejabat   Pimpinan   Tinggi   Pratama  dalam    Rangka Rotasi/Mutasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten  Aceh  Utara, surat  dari Badan Kepegawaian Negara   (BKN)  Nomor 292/R-AK.02.02/SD/K/2023 tanggal 11 Januari   2024   Perihal   Pertimbangan Teknis  Mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, dan surat dari Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.2.6/587/SJ tanggal 30 Januari 2024 Perihal Persetujuan Pengangkatan   dan   Pelantikan   Pejabat   Pimpinan    Tinggi   Pratama   di   Lingkungan   Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Utara.

 Kata Dayan,   rotasi  atau mutasi Pejabat   Pimpinan Tinggi  Pratama  yang  dilantik tersebut telah melalui proses pelaksanaan jobfit  atau uji kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sesuai ketentuan berlaku.

Dayan juga berpesan, bahwa dalam era keterbukaan dan teknologi informasi dewasa ini, agar para pejabat dapat menyikapi dengan bijak berbagai dinamika kondisi di daerah dan nasional,   menciptakan   iklim   kerja   yang   nyaman   dan   kondusif,   serta   menjadi   perekat   bagi persatuan   dan   kesatuan   bangsa,   gunakan   akal   sehat   untuk   menyaring   berita-berita   yang berkembang. Sehingga tercipta   situasi   yang   saling   mengayomi untuk  menjaga persatuan  dan kesatuan, bangsa dan negara.

Pada kesempatan itu, Dayan juga mengharapkan agar para pejabat baru tersebut agar rajin-rajin menjemput kue pembangunan ke Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. Sebab, dengan kondisi keuangan APBK Aceh Utara yang jumlahnya sangat terbatas maka sangat minim kegiatan pembangunan yang bisa dilakukan.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut