get app
inews
Aa Read Next : CISAH Gelar Haul Sultan Al- Malik Ash-Shalih ke 749 Tahun

Jenazah TKI Asal Aceh Meninggal Kecelakaan Truk Tiba di Rumah Duka, Haji Uma Sampaikan Dukacita

Senin, 08 Januari 2024 | 16:14 WIB
header img
Jenazah Surya Darma (29) TKI asal Batuphat Barat Kota Lhokseumawe yang meninggal akibat kecelakaan truk di Pagoh, Johor Malaysia tiba dirumah duka, Minggu (7/01/2024).Foto: Ist

LHOKSUKON, iNews.id – Jenazah Surya Darma (29) TKI asal Batuphat Barat Kota Lhokseumawe yang meninggal akibat kecelakaan truk di Pagoh, Johor Malaysia tiba dirumah duka, Minggu (7/01/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh H. Sudirman Haji Uma melalui stafnya Muhammad Furqan mengatakan bahwa jenazah Surya Darma sudah sampai dirumah duka di Desa Alue Ie Mirah, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh  Utara, tadi sore pukul 18.00 wib.

Furqan menambahkan Haji Uma tidak bisa datang secara langsung untuk mengantar jenazah Almarhum dikarenakan beliau saat ini sedang melaksanakan tugas di Jakarta, oleh sebab itu Haji Uma mengutus dirinya, Abdul Rafar dan Ali Murtala untuk menyerahkan jenazah Surya Darma kepada pihak keluarga

Didepan keluarga dan pelayat yang hadir, Furqan menyampaikan pesan duka cita Haji Uma dan beberapa nasehat kepada keluarga agar selalu tabah dalam menghadapi cobaan ini

Ketibaan jenazah disambut isak tangis keluarga, apalagi setelah staf Haji Uma mengeluarkan jenazah dari peti mati, tangisan keluarga tak terbendung lagi

Penyerahan jenazah ikut dihadiri oleh Kepala Desa Alue Ie Mirah Rusli Abdullah dan Anggota DPRK Aceh Utara Teuku Otman (Ayah Oet).

“Alhamdulillah jenazah setelah kita serahkan kepada pihak keluarga, kemudian dilaksanakan shalat jenazah dan langsung dikebumikan di desa setempat,” kata Staf Haji Uma Muhammad Furqan.

Selain itu pihak keluarga Surya Darma, Tgk Martunis mengucapkan rasa terima kasih kepada Haji Uma, Toke Muh Pulau Penang, Abu Saba dan kepada seluruh masyarakat Aceh di Malaysia yang telah membantu proses pemulangan jenazah keluarganya.

“Kami tidak bisa membalas kebaikan Tgk. Haji Uma, Toke Muh dan saudara-saudara lainnya yang ikut membantu proses pemulangan jenazah keluarga kami, namun hanya Allah yang bisa membalas kebaikan saudara semuanya,” kata Tgk Martunis.

Sebelumnya, Surya Darma meninggal dunia pada 05/01/2024 akibat kecelakaan truck pengangkut tanah/ Lori Hantu, dimana truck yang disopiri Surya Darma terbalik saat menuruni bukit ditempatnya bekerja di daerah Tanah Merah Pagoh, Johor Malaysia.

Meninggalnya Surya Darma sempat viral Media Sosial yang dibagikan luas melalui Facebook, Tiktok dan group whatsapp.

Selain Viral di Media Sosial, Geuchik Gampong Batuphat Barat Kota Lhokseumawe secara langsung menyurati Haji Uma perihal permohonan bantuan pemulangan Jenazah Surya Darma ke ke tanah air.

Haji Uma selanjutnya berkoordinasi dengan Toke Mustafa (Toke Muh Pulau Penang) di Malaysia untuk proses pemulangan jenazah, tidak butuh waktu lama, Toke Muh Pulau Penang sudah menyelesaikan administrasi pemulangan jenazah almarhum dan jenazah akan tiba besok melalui bandara Kualanamu Sumatera Utara.

Rencananya jenazah akan dimakamkan di Panton Labu Aceh Utara atas permintaan keluarga Almarhum, mengingat keluarga dari ibu Almarhum berasal dari Panton Labu Aceh Utara yang selama ini tinggal di Batuphat Barat Kota Lhokseumawe.

Biaya pemulangan jenazah ditanggung oleh perusahaan tempat almarhum bekerja yang dibantu oleh Persatuan Masyarakat Aceh Pulau Penang dan Haji Uma.

Selain itu Haji Uma juga menanggung ambulance pemulangan jenazah dari Kualanamu ke Panton Labu Aceh Utara termasuk mengutus staf dan membayar biaya Tax cargo di Kualanamu Sumatera Utara.   

“Alhamdulillah jenazah Surya Darma sudah selesai di proses dan InsyaAllah akan tiba Minggu (7/1/2024), melalui Kualanamu Sumatera Utara, yang selanjutnya akan kita bantu pengantaran ke Panton Labu Aceh Utara untuk dimakamkan” ungkap Haji Uma.

Haji Uma juga mengucapkan terima kasih kepada perusahaan tempat kerja Almarhum bekerja, Toke Muh dan masyarakat Aceh Pulau Penang yang telah membantu proses pemulangan jenazah ke tanah air.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut