get app
inews
Aa Read Next : 9 Jam Dievakuasi, Pencari Madu Hutan Meninggal Terjatuh dari Ketinggian Pohon

Karyawan Perumda Tirta Pase Bakti Sosial dan Doa Bersama di Komplek Makam Malikussaleh

Minggu, 10 Desember 2023 | 14:04 WIB
header img
karyawan perusahaan daerah air minum Tirta Pase menggelar bakti sosial di Komplek Makam Malikussaleh. Foto: Armia Jamil/iNewsLhokseumawe

ACEH UTARA, iNews.id -Puluhan karyawan perusahaan daerah air minum Tirta Pase menggelar bakti sosial di Komplek Makam Malikussaleh, Desa Beuringen Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (10/12/2023) pagi.

Kegiatan bakti sosial tersebut selain membersihkan komplek Makam Malikussaleh dan pengecekan pagar juga dilakukan doa bersama untuk keselamatan.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh karyawan Perumda Tirta Pase, Aceh Utara, dimulai dengan doa bersama di Makam Malikussaleh untuk keselamatan  di dunia dan akhirat.

Bakti sosial ini dilakukan sebagai tindak lanjut perayaan HUT Tirta Pase ke-41 , dan dipilihnya lokasinya di Makam Malikussaleh karena merupakan lokasi cagar budaya nasional bahkan internasional sehingga perlu dilestarikan.

Kegiatan bakti sosial yang berlangsung satu hari, difokuskan pada pembersihan komplek makam malikussaleh, pengecekan pagar, dan penanaman pohon.

Direktur Utama Perumda air minum Tirta Pase Aceh Utara, Imran mengatakan kegiatan bakti sosial di Makam Malikussaleh  sebagai bentuk kepedulian untuk melestarikan cagar budaya  yang merupakan kekayaan budaya bangsa.

Menurut Imran, banyak cagar budaya yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak termasuk masyarakat agar bisa menjaga dan memelihara bersama-sama.

“mengingat ini tempat destinasi wisata religi nasional sehingga perlu turut andil untuk bisa berkontribusi melestarikan lokasi makam malikikussaleh”, sebut Imran.

Cagar budaya Makam Malikussaleh perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaan nasional untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Makam Malikussaleh merupakan situs purbakala yang cukup monumental bahkan di asia tenggara.   pendiri kerajaan samudera pasai yang bernama meurah silu yang kemudian bergelar Malik Al Saleh atau yang lebih dikenal dengan Malikussaleh.

 

 

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut