get app
inews
Aa Read Next : Rapat Kerja dengan BPKP, Haji Uma Minta Dukungan Penguatan Kapasitas Terhadap Pelaksanaan Dana Desa

Anies: Nama Tokoh & Pejuang Aceh Tetap Harum Melampaui Waktu Karena Konsisten Melawan Ketidakadilan

Rabu, 01 November 2023 | 17:26 WIB
header img
Capres Anis Baswedan. Foto : Okezone

JAKARTA, iNews.id - Anies Baswedan menilai bahwa Aceh memiliki sejarah yang melahirkan para tokoh dan pejuang untuk memperjuangkan keadilan sehingga namanya tetap harum dikenang hingga saat ini.

Hal itu disampaikan Anies saat memberikan sambutan dalam acara Anies Saweu Rakyat Aceh untuk zikir dan salawat di Lapangan Bumi Gas, Tanah Luas, Aceh Utara, Rabu (1/11/2023).

Hal itu yang membuat Anies senang bisa bisa kembali berkunjung ke Bumi Pasai untuk bersilaturahmi dan menyapa warga Aceh. 

"Kami merasa senang bisa kembali ke Tanah Pasae. Datang bersama istri," kata Anies saat memberikan sambutan acara Anies Saweu Rakyat Aceh yang dihadiri puluhan ribu orang baik dari kader dan simpatisan parpol Koalisi Perubahan, parpol lokal aceh, relawan serta warga, Rabu (1/11/2023).

Ketika berkunjung ke Aceh pada akhir tahun 2022, Anies mendengarkan aspirasi rakyat Aceh yang menyerukan Indonesia agar lebih adil sehingga Aceh bisa mendapatkan keadilan.

Selain itu, menurutnya, Aceh selalu membanggakan karena melahirkan pejuang tangguh dan hebat. "Dari tanah ini penuh dengan orang harum yang melampaui waktu. Bukan karena kompromi, tetapi karena selalu siap melawan ketidakadilan."

Menurutnya, ketika kolonialisme datang ke Nusantara, Aceh merupakan satu-satunya wilayah yang tidak memberikan tempat kepada penjajah.

"Di sini [Aceh] orang-orangnya teguh, konsisten, istiqomah, dan konsisten untuk menghadirkan keadilan. Ini ditunjukkan pula melalui putra Aceh, Bapak Surya Paloh. Meski telah berusia 72 tahun, pilihannya tidak sederhana. Banyak tekanan. Apakah beliau melunak? Apakah beliau takut? Tunduk? Tidak," tegas Anies.

Anies menilai, Surya Paloh sebagai Ketua Umum NasDem justru meneruskan perjuangan rakyat Aceh. "Begitu memutuskan [mencalonkan Anies sebagai capres], saya berjuang untuk keadilan, untuk perubahan. Insyaallah dibuka pintu keberhasilan."

Dalam acara zikir dan salawat ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali, Ketua DPW NasDem Aceh Teuku Taufiqulhadi, Ketua DPD Aceh Utara Zubir, Ketua DPW PKS Aceh Tgk. Makhyaruddin Yusuf, Ketua DPW PKB Aceh Irmawan.

Kemudian Tgk. H. Tu Bulqaini Tanjungan, Ketua umum Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh; Ketua Umum Parta Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA) Muslim Syamsuddin; Majelis Tinggi Partai SIRA Muhammad Nazar; Ketua DPW Partai Darul Aceh (PDA) Aceh Utara Khairul Rizal.

Kemudian hadir juga puluhan ulama kharismatik dari berbagai penjuru Provinsi Aceh.

Pada Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 17 parpol nasional dan 6 parpol lokal Aceh. Sementara 3 parpol lokal aceh (PAS, PDA, dan SIRA) telah deklarasi untuk mendukung pasangan Anies - Gus Imin (AMIN).

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut