get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT PLN Nusantara Power UP Arun Gelar Coastal Clean Up

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pertamina Hulu Rokan Regional Sumatera Bersihkan Pantai

Senin, 12 Juni 2023 | 22:21 WIB
header img
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pertamina Hulu Rokan Regional Sumatera Bersihkan Pantai di Pulau Sabang. Foto: Ist.

SABANG, iNews.id - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Aceh turut ambil bagian dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 dengan melaksanakan kegiatan Bersih Pantai (Coastal Cleanu p) bertema Beat Plastic Pollution di pantai le Meulee, Kota Sabang, Aceh, pada Sabtu (11/06).

Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen terhadap pengelolaan lingkungan berkelanjutan yang serentak dilaksanakan di 133 titik lokasi oleh 31 perusahaan dan dikoordinir langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI) di seluruh Indonesia.

Kegiatan peringatan Hari lingkungan Hidup Sedunia 2023 ini dilaksanakan secara hybrid dan relay di seluruh wilayah Indonesia yang telah dipilih sebagai tempat pelaksanaan Coastal Cleanup. PHR Regional Sumatera yang melaksanakan kegiatan bersih pantai di pantai le Meulee Sabang, disapa langsung oleh Kepala Badan Restorasi Mangrove & Gambut (BRGM) KLHK, Ir. Hartono M.Sc., bersama Menteri KLHK RI Siti Nurbaya Bakar.

Sr Manager HSSE PHR Regional Sumatera, Harmanto Djamal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa PHR Regional Sumatera mendapat amanah untuk melaksanakan kegiatan bersih pantai di wilayah kerjanya. 

Sebanyak 202 orang peserta yang hadir mengikuti kegiatan Coastal Cleanup 2023 ini berhasil mengumpulkan 233.7 kg sampah organik dan 227,9 kg sampah anorganik, dengan total keseluruhan sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 461.5 kg." ungkap Harmanto.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang, Andri Nourman, menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih kepada PHR Regional Sumatera atas dipilihnya Kota Sabang sebagai tempat penyelenggaraan acara Coastal Cleanup dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2023 ini.

Kota Sabang siap menjadi percontohan untuk pengelolaan kebersihan pantai. dimana telah terjalin sinergi antara Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan, masyarakat dan komunitas lingkungan dalam menjaga kebersihan pantai di Sabang. Apalagi saat angin musim barat dimana banyak sekali sampah kiriman yang terdampar di Pantai Sabang," tutur Andri.

Di akhir acara, PHR Regional Sumatera menyerahkan bantuan 20 unit tempat sampah dan seperangkat alat kebersihan kepada Geuchik Desa le Meulee untuk digunakan dalam menjaga kebersihan area Pantai le Meulee di Kota Sabang.

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut