Bunda PAUD Provinsi Aceh Minta Agar Guru-Guru PAUD Disejahterakan

A Jamil
.
Rabu, 16 November 2022 | 11:17 WIB
Pertemuan acara pembinaan Bunda PAUD dalam Kabupaten Aceh Utara berlangsung di Oproom Kantor Bupati Aceh Utara. Foto: Ist

ACEH UTARA, iNews.id - Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Provinsi Aceh Ny Ayu Marzuki meminta agar manajemen sekolah-sekolah PAUD di Kabupaten Aceh Utara mengupayakan sedikit kesejahteraan kepada guru-guru yang mengajar di PAUD.

“Kita hari ini menjadi tokoh sentral dalam usaha kemajuan pendidikan PAUD, bagi para Bunda PAUD ini merupakan ibadah dalam pengembangan PAUD, inilah nilai ibadah bagi kita semua,” kata Ayu Marzuki, Senin, 7 November 2022, saat memberikan arahan pada acara pembinaan Bunda PAUD dalam Kabupaten Aceh Utara berlangsung di Oproom Kantor Bupati Aceh Utara di Landing Kecamatan Lhoksukon. 

Kegiatan itu diikuti oleh Bunda PAUD Kabupaten Aceh Utara Nurmaziah, SE.Ak, M.Si, para pengurus TP-PKK, Tim Pokja PAUD Aceh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara beserta jajarannya, para Bunda PAUD Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara, serta sejumlah pimpinan PAUD.

Ayu Marzuki mengharapkan kepada Bunda-Bunda PAUD di Kecamatan agar terus mengupayakan sedikit kesejahteraan bagi guru-guru PAUD, sehingga para guru di gampong gampong bisa merasakan perhatian kita semua. “Ibu Bunda PAUD agar setiap hari memberi motivasi dalam memajukan dan  mendorong PAUD  yang berkualitas,” harapnya.

Kaya Ayu, Bunda PAUD di tingkat Provinsi ditetapkan oleh Gubernur, tingkat Kabupaten oleh Bupati, dan tingkat Kecamatan ditetapkan oleh Camat. Dikukuhkan di Kantor Gubernur, di Kantor Bupati dan di Kantor Camat, dengan masa bakti selama suami memimpin Daerah.

Bunda PAUD juga memiliki struktur di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan, ditambah dengan Kelompok Kerja (Pokja), baik di bidang gizi, informasi dan hukum.

Untuk itu, Ayu meminta agar para Bunda PAUD di semua level kepengurusan agar terus melakukan monitoring dan evaluasi, serta rapat-rapat internal, harus terus dilaksanakan untuk menguatkan manageman PAUD. “Bunda PAUD juga harus membuat program kerja tahunan, sehingga indikator dan kinerja kegiatan menjadi lebih terukur dan jelas,” harapnya.

Bunda PAUD Kabupaten Aceh Utara Nurmaziah, SE.Ak, MSi, dalam sambutannya menyatakan apresiasi dan terimakasih kepada Bunda PAUD Provinsi Aceh bersama rombongan yang datang untuk melakukan pembinaan Bunda PAUD Kabupaten Aceh Utara. “Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat menerima kunjungan ini. Kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka pengembangan PAUD di Kabupaten Aceh Utara, yang notabene merupakan sedang kita siapkan menjadi generasi emas pada masa mendatang,” kata Nurmaziah.

Tema besar kita hari ini adalah Bergerak Bersama Menuju PAUD Berkualitas, untuk Penguatan Bunda PAUD di Aceh Utara, seperti yang bunda-bunda ketahui bahwa peran kita sebagai Bunda PAUD tentunya tersemat karena peran Bunda membantu para suami dalam menjalankan roda pemerintahan di kecamatan. 

“Sebagai Bunda PAUD yang memegang peranan penting di kecamatan, tentunya punya begitu banyak agenda kerja yang semuanya perlu perhatian dan untuk direalisasikan, serta perlu kerja nyata diiringi niat serta tekad yang kuat dan keikhlasan dalam menjalankannya,” kata Nurmaziah.

Editor : Armia Jamil
Bagikan Artikel Ini