Pj Bupati Aceh Utara Apresiasi 4 Puskesmas Beri Pelayanan Terbaik

A Jamil
.
Rabu, 16 November 2022 | 10:44 WIB
Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada tenaga medis di empat Puskesmas. Foto: Ist

ACEH UTARA, iNews.id - Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada tenaga medis di empat Puskesmas yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Ke empat Puskesmas tersebut, masing-masing Puskesmas Dewantara, Puskesmas Nisam, Puskesmas Lhoksukon dan Puskesmas Baktiya Barat. Ke empat Puskesmas ini dinilai telah memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat di daerah masing-masing sesuai dengan indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan. 

Pj Bupati Aceh Utara Azwardi menyampaikan hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Sekda Dr A Murtala, MSi, usai menyerahkan penghargaan pada upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di lapangan Landing Kecamatan Lhoksukon, Senin, 14 November 2022. Penghargaan itu diterima langsung oleh Kepala Puskesmas masing-masing.

Azwardi mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan dan jajarannya  atas pelayanan yang baik kepada masyarakat. Pembangunan kesehatan, khususnya layanan dasar bidang kesehatan, merupakan prioritas yang setiap saat harus mendapat perhatian insan medis, juga semua stakeholder terkait. “Saya berharap agar para tenaga kesehatan untuk tetap menjaga derajat kesehatan yang optimal dalam melayani masyarakat," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, SKM, menyampaikan bahwa tema hari kesehatan tahun ini adalah Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk menyukseskan gerakan masyarakat sehat, yang bisa mengajarkan masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan membiasakan diri berprilaku hidup sehat yang dimulai dari lingkungan keluarga.

Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 jajaran Pemkab Aceh Utara berlangsung khidmat diikuti oleh seluruh jajaran insan kesehatan di daerah ini. Juga turut hadir para pejabat Forkopimda Plus, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala SKPK, dan para Camat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Sekda Dr A Murtala, MSi, perwira upacara Jasroni, SKM (Kepala Puskesmas Geureudong Pase), pemimpin upacara dr Weldi (Kepala Puskesmas Dewantara), dilengkapi dengan paduan suara Grup Dharma Wanita Dinkes Aceh Utara. 

Pada kesempatan itu, Sekda Dr A Murtala, MSi, dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Kesehatan Budi G Sadikin. Antara lain mengatakan bahwa HKN ke-58 Tahun 2022 mengangkat tema Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi  kesehatan di masa pandemi Covid-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian.  Krisis kesehatan akibat pandemi  Covid-19 belum sepenuhnya pulih.  Namun,  di  tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia,  dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan Oktober 2022.

Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah. Sejak bulan Oktober, kita telah mendeteksi adanya kenaikan kembali  kasus Covid-19. Data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster.. Proporsi pasien yang meninggal akibat Covid-19 tiga kali lebih banyak pada kelompok lansia dibandingkan dengan yang bukan lansia. Oleh karena itu,  mari terus ingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 dengan booster..

Meski dihadapkan pada prioritas penanganan Covid-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

 

Gerak Jalan Santai

 

Sehari sebelumnya, pada Minggu, 13 November 2022, diadakan kegiatan Gerak Jalan Santai dalam rangka menyemarakkan HKN ke-58. Peserta gerak jalan itu dilepas oleh Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, di  lapangan Landing, Lhoksukon. 

Kegiatan gerak jarak jalan santai dilaksanakan  oleh Dinas Kesehatan diikuti oleh seluruh insan kesehatan dan ASN, pejabat SKPK, para Camat, pegawai Puskesmas, pejabat TNI/Polri dan masyarakat umum. Sebelumnya, para peserta juga mengikuti senam jantung sehat di bawah rintik-rintik hujan di halaman Kantor Bupati.

Pelepasan peserta gerak jalan berjalan aman, tertib dan lancar. Para peserta terlihat snagat antusias karena Panitia turut menyediakan berbagai hadiah doorprize yang memeriahkan kegiatan itu. Gerak jalan mengambil rute yang telah ditentukan, yaitu start di lapangan depan Kantor Bupati Aceh Utara, kemudian menuju simpang Masjid Al-Kausar Gampong Alue Mudem Kecamatan Lhoksukon, dan kembali lagi ke garis finish di depan Kantor Bupati.

“Terselenggaranya kegiatan ini yang bertujuan untuk membina kekompakan, kepedulian dan silaturahmi  sesama tenaga kesehatan, serta senantiasa mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan,” ungkap Azwardi.

 

Puskesmas Berprestasi Provinsi Aceh

 

Secara terpisah Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, menyampaikan apresiasi kepada Kepala Puskesmas Muara Batu atas perolehan Puskesmas Berprestasi Terbaik II tingkat Provinsi Aceh. Penghargaan tersebut diserahkan usai prosesi upacara HKN ke-58 jajaran Pemerintah Aceh di halaman Kantor Gubernur Aceh di Banda Aceh Aceh, Senin, 14 November 2022.

Penghargaan Puskesmas Berprestasi tersebut didasarkan pada kegiatan Pelaksanaan Imunisasi Dasar Lengkap tahun 2022 sesuai dengan Keputusan Gubernur Aceh Nomor 441/1486/2022 tentang penetapan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dengan capaian imunisasi dasar lengkap terbaik dan Puskesmas Berprestasi di Aceh tahun 2022.

“Prestasi ini semoga menjadi motivasi dan penyemangat bagi seluruh insan medis di Puskesmas Muara Batu, semoga dapat terus dipertahankan dan bahkan menjadi lebih baik lagi pada masa mendatang,” ungkap Azwardi.

Editor : Armia Jamil
Bagikan Artikel Ini