get app
inews
Aa Read Next : 9 Jam Dievakuasi, Pencari Madu Hutan Meninggal Terjatuh dari Ketinggian Pohon

PT PIM Salurkan PLTS di Gampong Dusun Sarah Raja, Dulu Gelap Kini Terang Hemat Energi

Sabtu, 09 Juli 2022 | 13:18 WIB
header img
Sejumlah Tim sedang mencoba memasang Listrik Tenaga Surya di Desa Dusun Sah Raja (Foto-Hms PT PIM)

LHOKSEUMAWE, iNews.id - PT Pupuk Iskandar muda (PIM) selaku perusahaan yang peduli terhadap permasalahan lingkungan dan perubahan iklim, berkomitmen dalam mewujudkan teknologi Energi Baru Terbarukan (EBT) terhadap Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB). Komitmen perusahaan ini diimplementasikan dalam bentuk kegiatan yang bertajuk PIM Green Action dengan tema Gampong Terang Hemat Energi.

PT Pupuk Iskandar Muda bersinergi dengan Dinas Sosial Aceh Utara dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utara dalam melakukan sosialisasi penghematan energi dan penyerahan PLTS di Dusun Sarah Raja Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara yang merupakan Desa 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 27-28 Juni 2022 ini mendapat apresiasi dari pihak pemerintah dan masyarakat setempat.

PT PIM Menyalurkan bantuan berupa1 Unit PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Meunasah Gampong Sarah Raja, 8 unit PJU (Penerangan Jalan Umum) lampu LED tenaga surya di Dusun Sarah Raja dan 2 unit PJU (Penerangan Jalan Umum) lampu LED tenaga surya di Dayah Bustanul Muttqin Desa Leubok Pusaka Kec. Langkahan.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh VP PKBL & Humas PT PIM, Nasrun Project Manager Pengelolaan Lingkungan PT PIM, Usman dan AVP PKBL, Jufri kepada Kepala Dusun Sarah Raja, Penyerahan dan Pemasangan ini juga disaksikan Dinas Sosial Aceh Utara, Suryani dan Dinas LingkunganHidup dan Kebersihan Aceh Utara, Keumala, Senin, (27 Juni 2022).

Zulkifli selaku Kepala Dusun Sarah Raja mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PT Pupuk Iskandar Muda. “Dengan adanya bantuan PLTS dan PJU dari PT PIM ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Dusun Sarah Raja sebagai alternative  listrik konvensional dalam menghasilkan listrik dan penerangan bagi Dusun kami ini,” katanya.

Jufri AVP PKBL PT PIM dalam sambutannya mengungkapkan, “Teknologi EBT inimenjadi solusi bersama yang harus dijaga dan dirawat untuk keperluan masyarakat Dusun Sarah Raja seperti pengajian, sarana ibadah, balai pertemuan dan aktivitas sehari-hari, dengan adanya PJU ini juga diharapkan menjadi mitigasi gajah agar perkebunan warga tidak diganggu hewan liar,” jelas Jufri. Dalam program penyerahan PLTS dan PJU juga dilakukan sosialisasi penghematan energi, pelatihan system kerja, cara merawat dan memelihara PLTS dan PJU yang dilakukan oleh tim teknis PT PIM kemasyarakat Dusun Sarah Raja.

Vice President PKBL & Humas, Nasrun yang juga mengikuti kegiatan misi sosial dan kemanusian di dusun Sarah Raja, mengungkapkan bahwa kegiatan bantuan PLTS ini merupakan kepedulian PT Pupuk Iskandar Muda kepada masyarakat tertinggal melalui program 3 T.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini merupakan penghematan energy yang dapatmenambah efisiensi energy yang merupakan solusi alternatif yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan energy cahaya matahari untuk menghasilkan energy listrik. Penyerahan bantuan PLTS ini juga diharapkan mendukung program strategis pemerintah dalam pemulihan dan pengendalian perubahan iklim untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Sehingga di dusun Sarah Raja ini akan terang sepanjang hari dan meringankan biaya pembayaran listrik ke PLN, balai pengajian tempat ibadah dapat digunakan sepanjang malam sesuai kebutuhan masyarakat, sebelumnya di dusun Sarah Raja ini kami juga telah membantu MCK, Air Bersih dan bentuk bantuan lainnya, ujarNasrun.

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut