get app
inews
Aa Read Next : Bank Aceh Berikan Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional Kepada Puluhan Warga Lhokseumawe

Pedagang Di Lhokseumawe Pilih Jual Kambing Dibanding Sapi Untuk Kurban

Kamis, 07 Juli 2022 | 00:32 WIB
header img
Pedagang Kambing Kurban di Taman Riyadhah Lhokseumawe (Foto:Amrizal-iNews.id)

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Pedagang hewan ternak di Kota Lhokseumawe lebih memilih menjual hewan ternak kambing dibanding sapi menjelang hari raya Iduladha. Sebagaimana diungkap salah seorang pedagang hewan ternak di Taman Riyadhah, Gampong Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe pada Rabu, 6 Juli 2022.

Hewan ternak tersebut diperuntukkan untuk hewan kurban dalam menyambut Iduladha 1443 hijriah.

Penjualan hewan ternak sapi mengalami penurunan, hal tersebut sebagaimana diungkap M Aris Munandar (29), salah seorang pedagang kambing saat ditemui media iNews.id mengatakan bahwa pada tahun ini, pedagang lebih memilih menjual ternak kambing dibanding sapi.

“Tahun ini kita tidak terlalu berani jual lembu karena PMK (penyakit mulut dan kuku), dikarenakan ada PMK kan, tahun ini baru terjual lembu sekitaran 4 ekor, sementara tahun lalu sampai 10 ekor. Sekarang kita beralih ke kambing semua, karena PMK pindah ke kambing,” ujar Aris.

Aris mengatakan bahwa dalam sepekan terakhir ia telah menjual 27 ekor kambing. Harga kambing bervariasi antara Rp 2,4 juta sampai dengan Rp 4,5 juta tergantung umur kambing. Tahun lalu kambing umur 2 tahun dengan berat 14-15 kg dijual seharga Rp 2,2 juta

“Harganya ada yang Rp 2,4 juta, 2,5 juta, 2,7 juta, 3 juta, sampai 4,5 juta. Paling besar umur 3 tahun dengan berat 35-40 Kilogram, sedangkan paling muda umurnya 2 tahun dengan berat 14-15 Kilogram,” ungkapnya.

Untuk penjualan kambing, ia mengaku bisa menjual 4 ekor setiap harinya. Tahun lalu ia mengaku bisa menjual sampai 60 ekor sampai hari meugang.

“Dibandingkan tahun lalu, tahun ini, jika dibawa 30 ekor, ada laku ini hari 4 ekor, tahun lalu 60 ekor sampai jelang meugang. Ada kemungkinan bisa meningkat lebih banyak karena ada sisa 4 hari lagi,” lanjut Aris.

Aris yang merupakan warga Gampong Uteun Bayi, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe ini mengaku menjalani profesi tersebut sejak masih duduk di bangku SMP. Dari 6 pedagang kambing yang mangkal di Taman Riyadhah tersebut, mereka semua merupakan keluarga peternak dan pedagang kambing secara turun-temurun.

Lokasi penjualan kambing tersebut bertempat di Taman Riyadhah, depan Bank Indonesia Lhokseumawe. Pedagang buka mulai jam 9 pagi sampai jam 6 sore sampai Sabtu mendatang. Aris mengatakan bahwa pada hari meugang nanti ia akan berjualan daging nantinya di Pasar Inpres Lhokseumawe.

 

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut