get app
inews
Aa Read Next : Upacara Tabur Bunga Meriahkan HUT TNI AL ke-79 di Lhokseumawe

Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut, Lanal Lhokseumawe Kunjungi Pulau Terisolir

Senin, 05 Agustus 2024 | 20:11 WIB
header img
Komandan Pangkalan TNI AL Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto menyerahkan bantuan Toren air Kapasitas 1000 Liter. Foto: Ist


LANGSA, iNewsLhokseumawe.id - Pembinaan Potensi Maritim Wilayah  Perbatasan Laut (BINPOTMARWILTASLA) menjadi bagian integral dari tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang diemban oleh TNI Angkatan Laut.

Binpotmarwiltasla juga bertujuan untuk menanamkan karakter dan semangat Nasionalisme kepada masyarakat, terutama generasi muda. Fokus utama program ini adalah untuk membina potensi maritim di wilayah pulau terluar atau terisolir dari daerah pusat kota.

Acara pembukaan program Binpotmarwiltasla tersebut dihelat di tengah-tengah pemukiman warga Pulau Desa Pusong Telaga Tujoh Kec.Langsa Barat, Kota Langsa. pada Senin, 05/08/2024.

Komandan Pangkalan TNI AL Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto mengatakan, bahwa kegiatan ini juga di hadiri oleh Pabandya Runwiltasla Ban Vl Spotmaral, Letkol Laut (P) Chusnul Hidayat, S.H., M.Tr.Opsla,  

Dalam sambutannya Danlanal menyampaikan harapannya agar kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan wawasan masyarakat khususnya generasi muda tentang potensi dan ancaman terkait dengan bidang maritim di wilayah perbatasan laut.

Lanal Lhokseumawe memilih Pulau Pusong sebagai tempat kegiatan dikarenakan pulau tersebut adalah pulau terisolir dan terluar dengan jumlah penduduk sebanyak 400 KK, "Jadi kita memilih pulau pusong ini karena merupakan wilayah kerja kita Lanal Lhokseumawe, Pulau ini di huni sebanyak 400 KK, disini sangat memprihatinkan karena akses kebutuhan air yang layak untuk kebutuhan sangat sulit, masyarakat disini membeli air dari kapal yang dipesan, dan juga banyak nya sampah di sekitaran hunian." ungkap Danlanal

Selain Lanal Lhokseumawe dan perwakilan Pemko Langsa Kegiatan ini juga melibatkan BNNK Langsa, Bea Cukai, KPPLP Langsa, Koramil setempat dan Pihak Polres Kota Langsa. kegiatan ini sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat Pulau Pusong tentang Wawasan Kebangsaan, Sosialisasi Hukum Laut, Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Lanal Lhokseumawe juga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pulau pusong tersebut.  

"Selain penyuluhan, kami juga melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan gratis kepada masyarakat, 5 Toren air Kapasitas 1000 Liter, 30 Tempat Bak Sampah dan juga pembagian ratusan paket sembako." ungkap Danlanal

“Semua kegiatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat nyata kepada masyarakat di wilayah perbatasan laut,” sambungnya.

Komandan Lanal Lhokseumawe, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam program ini dan menjelaskan bahwa  kegiatan Binpotmarwiltasla adalah upaya nyata TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan pembinaan potensi maritim kepada masyarakat.

“Hal ini bertujuan untuk mendukung percepatan pembangunan dan menyiapkan secara dini mental juang yang tangguh di wilayah kerja Lanal Lhokseumawe,” katanya.

Program Binpotmarwiltasla juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mereka, sehingga mereka memiliki bekal yang kuat untuk menghadapi tugas dan tantangan masa depan. tambahnya.

Program Binpotmarwiltasla merupakan langkah konkret dalam memperkuat potensi maritim dan kesadaran nasionalisme di wilayah perbatasan laut, yang memiliki dampak positif pada perkembangan wilayah kerja Lanal Lhokseumawe.

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut