get app
inews
Aa Read Next : Bank Aceh Berikan Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional Kepada Puluhan Warga Lhokseumawe

Pemimpin Ideal Dalam Pandangan Bung Hatta PNL

Minggu, 28 April 2024 | 21:53 WIB
header img
Ir. Muhammad Hatta, SST. MT, Ketua Forum Humas Politeknik Negeri Se Indonesia. Foto:Ist

LHOKSUKON, iNews.id - Dalam pandangan Islam, kepemimpinan bukanlah sebuah kekuasaan yang diperoleh untuk memuaskan ambisi pribadi, melainkan merupakan amanah yang harus dijalankan dengan penuh tanggungjawab dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Sementara pemimpin adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan arahan, memimpin, dan mengelola sebuah kelompok, organisasi, komunitas atau instansi. Mereka memiliki peran penting dalam menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan segala sumber daya menuju tujuan bersama.

Pemimpin dapat mempengaruhi dan membentuk perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial, budaya dan bidang lainnya.

Seorang pemimpin yang ideal harus memiliki etika dan moral yang baik, intelektualitas yang luas, pemahaman agama yang mendalam, amanah, integritas, visi yang jelas dan terarah, kepekaan yang tinggi, kemampuan menciptakan perubahan, dan memiliki kehandalan dalam berkomunikasi dan berkolaborasi.

Setiap orang mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang pemimpin yang ideal. Setidaknya ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal diantaranya.

Pertama, kepemimpinan yang inspiratif. Kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk berbuat kebaikan.

Kedua, kejujuran dan integritas: Menunjukkan integritas tinggi dalam segala tindakan dan keputusan, serta menjadi teladan moral bagi orang lain.

Ketiga, empati dan keterbukaan: Kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain, serta bersedia mendengarkan dan mempertimbangkan berbagai pandangan.

Keempat, kecerdasan dan keahlian: Memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan yang kompleks dengan cara yang cerdas dan efektif.

 

Kelima, konsistensi dan keberanian: Konsisten dalam prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang dianutnya, serta memiliki keberanian untuk mengambil langkah-langkah strategis demi kebaikan bersama.

Keenam, keterbukaan terhadap inovasi: Bersedia untuk mempertimbangkan ide-ide baru dan berinovasi dalam mencari solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi.

Ketujuh, kemampuan berkomunikasi: Mampu berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis, dan memiliki kemampuan untuk mengartikulasikan visi dan gagasannya dengan jelas kepada orang lain.

Pemimpin ideal adalah mereka yang mampu memadukan karakteristik-karakteristik ini dengan baik, serta dapat memberikan inspirasi, arahan, dan kepemimpinan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.

Semoga akan lahir pemimpin ideal yang dapat memastikan pembangunan dan kemajuan yang berkelanjutan bagi suatu daerah.

 

Penulis :Ir. Muhammad Hatta, SST. MT

Ketua Forum Humas Politeknik Negeri Se Indonesia

Ketua Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara

Koordinator Humas dan Kerjasama Politeknik Negeri Lhokseumawe

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut