get app
inews
Aa Read Next : Bank Aceh Berikan Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional Kepada Puluhan Warga Lhokseumawe

Simulasi Penanggulangan Pemilu Digelar Kodim Aceh Utara Berujung Ricuh

Senin, 05 Februari 2024 | 16:21 WIB
header img
Aksi ratusan personel TNI dan Polri melakukan kegiatan Penanggulangan Huru Hara (PHH) pendemo Pemilu. Foto: Ist

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Aksi ratusan personel TNI dan Polri melakukan kegiatan Penanggulangan Huru Hara (PHH) pendemo Pemilu, Simulasi yang digelar Kodim 0103/Aceh Utara itu berlangsung di Lapangan Jenderal Sudirman Korem 011/Lilawangsa, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (05/02/2024) pagi, latihan itu berujung rusuh petugas dengan pendemo.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan mengatakan, dalam skenario tersebut, diduga hasil data pemungutan suara pemilihan umum Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 di wilayah Kota Lhokseumawe terjadi ketidakpuasan oleh sekelompok salah satu pendukung Paslon.

Akibatnya, Sambung Danrem, sejumlah simpatisan orang melakukan aksi demo dengan mendatangi Kantor  Pemilihan Umum (KPU), atas ketidakpuasan penghitungan hasil suara tersebut, sehingga kelompok itu  melakukan demo anarkis hingga diterjunkan TNI-Polri petugas keamanan untuk menghalau.

“Sekelompok simpatisan ini tidak puas atas hasil keputusan penentuan paslon, sehingga terjadi tindakan anarkis, terpaksa petugas membubarkan aksi pendemo tersebut, kejadian ini merupakan skenario simulasi dalam latihan pengamanan penanggulangapenanggulangan Pemilu 2024,” terang Danrem.

Danrem Lilawangsa lulusan Akmil 97 itu mengatakan, terdapat lima wilayah Kabupaten dinilai rawan seperti terjadinya bentrok antar pendukung, tidak adanya sinyal, dan masuknya warga negara asing etnis rohingya.

“Untuk mencegah kerawanan itu, nantinya akan diperbantukan personel BKO dari Tiga Batalyon Infanteri, Yonkav dan Arhanud, diharapkan satu Babinsa bisa mengawasi Satu TPS, dengan harapan pemilu Tahun 2024 ini berjalan damai dan kondusif,” harapnya. 

Orang nomor satu di Korem itu juga berpesan kepada seluruh prajurit TNI jajarannya agar melaksanakan tugas negara amanah ini dengan penuh tanggungjawab dan memegang teguh Netralitas TNI. “Diharapkan TNI-Polri bersama masyarakat bersama-sama menyukseskan Pemilu Damai, aman, dan kondusif,” harap Danrem.

Setelah pelaksanaan latihan simulasi penanggulangan Pemilu, Danrem 011/Lilawangsa, Danlanal Lhokseumawe, Kasrem 011/LW, Dandim 0103/Aut, Dansatradar, Danarhanud, Kapolrea Lhokseumawe beserta personel gabungan TNI Polri melaksanakan patroli di seputaran Kota Lhokseumawe.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut