get app
inews
Aa Read Next : Haji Uma Silaturrahmi Dengan Abon Buni Paya Bakong dan Ikut Bela Sungkawa Atas Musibah Kebakaran

Meninggal di Malaysia, Haji Uma Bantu Jemput Jenazah Warga Aceh Utara di Kuala Namu

Sabtu, 13 Januari 2024 | 20:28 WIB
header img
Rusli (22), warga Aceh asal Gampong Geulumpang Umpung Unoe, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara meninggal Dunia di Malaysia pada Jumat (11/1/2024). Foto: Ist

LHOKSUKON, iNews.id - Rusli (22), warga Aceh asal Gampong Geulumpang Umpung Unoe, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara meninggal Dunia di Malaysia pada Jumat (11/1/2024).

Rusli menghembuskan nafas terakhir di Tengku Ampuan Rahimah Hospital Klang Selangor, Malaysia yang menjadi tempat almarhum dirawat sejak sebulan lalu akibat mengidap penyakit paru.

Perawatan almarhum di rumah sakit di fasilitasi Toke Muh, salah satu unsur dari komunitas warga Aceh di Malaysia yang diketahui kerap membantu warga  Aceh. 

Berita meninggalnya Rusli diketahui dari informasi yang disampaikan oleh Toke Muh kepada anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma.

Proses pengurusan untuk pemulangan jenazah ke Aceh difasilitasi Toke Muh dan ketua kesatuan klang dengan biaya yang dikumpulkan hasil donasi warga Aceh di Malaysia sebesar 10.000 Ringgit atau lebih kurang 36 juta rupiah ini termasuk biaya tunggakan semasa Almarhum di rawat di Rs

Sumber bantuan dari salah satu Hamba Allah warga Aceh yang tinggal di Malaysia 10.000  Ringgit yang  di sumbangkan 

Sementara biaya kargo dan ambulance untuk pemulangan jenazah dari Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara ke Aceh Utara sebesar 3 juta rupiah ditanggung oleh Haji Uma 

Sebelumnya, Haji Uma juga menerima surat permohonan bantuan fasilitasi pemulangan jenazah almarhum Rusli yang kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi dengan Toke Muh di Malaysia.

Haji Uma telah mengutus stafnya untuk menerima jenazah almarhum Rusli telah tiba  pada Jam 8:30 WIB via Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara pada Sabtu (13/1/2024). Selanjutnya jenazah  dipulangkan ke Aceh Utara dengan menggunakan ambulance.

Almarhum Rusli bekerja di Malaysia sebagai cleaning service dan berpindah tempat sehingga tidak memilki income atau pendapatan pasti. Sementara itu, kondisi ekonomi keluarga juga kurang mampu. Atas kondisi itu, warga Aceh di Malaysia mengumpulkan bantuan untuk biaya pemulangan jenazah.

Sementara itu, Haji uma secara pribadi mengapresiasi dan berterima kasih kepada Toke Muh selaku Ketua Komunitas Aceh atas kekompakan warga Aceh di Malaysia yang secara bersama-sama telah pemulangan jenazah Rusli ke kampung halaman.

Selain itu, Haji Uma juga menyampaikan belasungkawa kepada pihak keluarga almarhum dan berharap keluarga di Aceh tabah dan menyerahkan semua kepada Allah SWT.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut