get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT PLN Nusantara Power UP Arun Gelar Coastal Clean Up

Besok, Semua APK Ilegal Akan Diturunkan Panwaslih Kota Lhokseumawe

Jum'at, 03 November 2023 | 21:29 WIB
header img
Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, Dedy Syahputra. Foto: Ist

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Panwaslih Kota Lhokseumawe menggelar rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan untuk  membahas  penertiban Alat Peraga Kampanye (APK). Hasil rapat tersebut, Panwaslih bersama Pemkot Lhokseumawe segera menertibkan  alat peraga kampanye (APK) yang menyalahi aturan perundang-undangan mulai Sabtu (4/11/2023).

Rapat lintas lembaga tersebut dihadiri antara lain Ketua KIP Lhokseumawe, Abdul Hakim; Kepala Kesbangpol Lhokseumawe, Zulkifli; Satpol PP, Dinas Infokom, dan beberapa dinas terkait. 

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwaslih Lhokseumawe, Yuli Asbar, menyebutkan penertiban APK yang ditertibkan berisi materi kampanye. 

"Penurunan APK yang dinilai melanggar undang-undang Pemilu yang dilakukan secara serantak di empat kecamatan di Kota Lhokseumawe," katanya seusai rapat dengan Pemkot dan KIP Lhokseumawe, Jumat (3/11/2023).

Yuli Asbar menambahkan, Penertiban atau penurunan APK disejumlah titik itu dilakukan karena tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. Karena letaknya berada di bahu jalan, pohon, tiang listrik, dan pada berbagai sarana umum lainya. Penertiban APK ini dilakukan sesuai Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum," ungkapnya.

Ditambahkanya bahwa sebelumnya Panwaslih Kota Lhokseumawe sudah melakukan imbauan dan sosialisasi kepada partai politik atau calon legislatif agar tidak memasang alat peraga kampanye pada titik-titik yang dilarang.

"Karena sudah dilakukan imbauan, sehingga eksekusi terhadap APK Caleg yang melanggar dapat berjalan dengan aman dan lancar," pungkasnya.

Sementara Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, Dedy Syahputra, menyebutkan pihaknya membenarkan tindakan parpol yang menutup baliho kampanye dan membuka kembali ketika tahapan kampanye mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024 mendatang.[]

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut