get app
inews
Aa Read Next : Kaum Milenial Deklarasi Relawan Pro MK Dukung Muzakir Manaf Calon Gubernur Aceh di Pilkada 2024

Polres Aceh Utara Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ganja Seberat 65,5 Kg

Kamis, 12 Oktober 2023 | 20:47 WIB
header img
Pemusnahan narkoba jenis sabu dan ganja di depan Mapolres Aceh Utara. Foto: Ist

LHOKSUKON, iNews.id - Polres Aceh Utara bersama unsur Forkopimda setempat memusnahkan barang bukti Narkotika jenis sabu dan ganja dengan berat total 65,5 Kg atau senilai 3,65 Miliar di halaman Mapolres setempat, Kamis (12/10/2023).

Selain itu, empat orang tersangka terkait barang bukti Narkotika yang dimusnahkan tersebut juga turut dihadirkan di lokasi.

Dirincikan, Narkotika yang dimusnahkan ialah 6 bungkusan sabu seberat 5,9 Kg, sebelum dimusnahkan, dihadapan awak media setiap bungkusan sabu diambil terlebih dulu diuji keasliannya dengan menggunakan alat "Drugs General Screening IDenta" baru kemudian sabu digiling bersama cairan porselen dan solar menggunakan mesin molen.

"Narkotika jenis sabu tersebut adalah barang bukti yang disita oleh Tim  Sat  Resnarkoba  dari tersangka  M.YUSUF, serta merupakan hasil pengungkapan kasus peredaran narkotika jenis sabu antar provinsi dengan modus pengiriman  paket ikan asin dengan  menggunakan angkutan umum jenis Hice pada hari Kamis 17 Agustus 2023  di depan loket Angkutan Umum Jalan Gagak Hitam Kec.Medan Sunggal Kota Medan Provinsi Sumatera Utara," ungkap Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera S, S.I.K.

Berikutnya, barang bukti ganja yang dimusnahkan dengan cara dibakar adalah sebanyak 59,6 Kg ditambah 280 batang tanaman ganja, barang bukti tersebut disita dari 3 orang tersangka.

"Dari total 59,6 kg ganja tersebut diantaranya ialah 42 bal atau setara dengan 42 Kg yang disita dari tersangka Nasruddin pada 5 Juli 2023 di Gampong Teupin Reusep Kecamatan Sawang, Aceh Utara." ungkap Kapolres.

Berikutnya, 18 Kg ganja kering dalam 3 karung plastik disita dari tersangka Armia pada jumat 8 September 2023 di Gampong Sawang Kecamatan Sawang, Aceh Utara, dan selanjutnya dari pengembangan kasus itu, Polres Aceh Utara menemukan 5 hektar ladang ganja di kawasan perbukitan Gampong Sawang Kecamatan Sawang Aceh Utara pada 6 Oktober 2023, petugas juga mengamankan Zahri sebagi tersangka yang menjaga ladang ganja itu.

Di Lokasi ladang ganja, sebelumnya telah dimusnahkan lebih kurang 40 ribu batang tanaman ganja, dan 280 batang batang sisanya dimusnahkan hari ini.

"Dengan  dimusnahkan   barang  bukti narkotika  jenis  sabu  dan  ganja tersebut diatas maka kita telah dapat menyelamatkan  generasi penerus bangsa  kurang  lebih sejumlah 460 ribu jiwa dari pengaruh dan bahaya narkoba," tutur Kapolres.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut