get app
inews
Aa Read Next : Bank Aceh Berikan Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional Kepada Puluhan Warga Lhokseumawe

Kadispotmaral Kunjungan Kerja ke- Lanal Lhokseumawe Dalam Rangka Program Ketahanan Pangan

Rabu, 02 Agustus 2023 | 19:41 WIB
header img
Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet S.T.,S.Sos.,M.M melakukan kunjungan kegiatan Pelatihan Babinpotmar TA. 2023 di wilayah kerja Lanal Lhokseumawe Lantamal 1. Foto: Ist

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet S.T.,S.Sos.,M.M melakukan kunjungan kegiatan Pelatihan Babinpotmar TA. 2023 di wilayah kerja Lanal Lhokseumawe Lantamal 1 dengan tema "Melalui Penyelenggaraan Babinpotmar TA.2023 Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Kemampuan Insan Potmar Untuk Membina Masyarakat Maritim Guna Mendukung Tugas Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut". Di Mako Pangkalan Angkatan Laut Lhokseumawe, desa Paloh Igeuh, Kec. Muara Batu, Kota Lhokseumawe.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari pada tanggal 1 s/d 2 Agustus 2023 dan diikuti oleh Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Adi susanto, Ketua Korcab I Cabang 6, Para Perwira Staff Lanal Lhokseumawe, Tamu undangan para peserta Pelatihan berjumlah ± 200 Orang.

Kadispotmaral Beserta Rombongan Tiba di tempat di Mako Lanal Lhokseumawe disambut dengan Valreep dan tarian Ranup Lampuan dari pramuka Saka Bahari binaan Lanal Lhokseumawe. Setelah itu  Kadispotmaral Beserta Rombongan dari Loby Mako  menuju gedung Balai Prajurit Mako Lanal Lhokseumawe untuk membuka pelatihan budidaya vanili program ketahanan pangan Lanal Lhokseumawe.

Selanjutnya Kadispotmaral Beserta Rombongan menuju ke lokasi proyek percontohan Budidaya tanaman Vanili di Mako Lanal Lhokseumawe untuk menanam bibit tanaman vanili.

Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet S.T.,S.Sos.,M.M  mengatakan membudidayakan tanaman vanili merupakan bentuk progres dalam mendukung ketahanan pangan secara nasional. "Dan vanili ini adalah rempah asli Indonesia yang perlu dikembangkan dan dibudidayakan, apalagi nilai jual nya sangat tinggi," kata Suradi

Selain itu, hal tersebut juga sudah melalui pertimbangan pimpinan TNI khususnya Angkatan Laut. Sehingga budidaya tanaman vanili menjadi salah satu program ketahanan pangan dan kesejahteraan prajurit.

"Nantinya, setiap personil juga diwajibkan minimal menanam lima pohon, apabila lebih dari itu tidak masalah," ujarnya.

Dikatakan Suradi, para masyarakat juga seperti itu, dimana penyuluhan penanaman vanili sendiri dari TNI AL. Sehingga, dapat meningkatkan kesejahteraan prajurit dan juga masyarakat.

Tambahnya, berdasarkan arahan dari Presiden, dimulai dari pembibitan, penanaman hingga perlakuan setelah panen, bahkan marketing sudah diatur dan mempunyai jalur atau platform sendiri.

 

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut