get app
inews
Aa Read Next : Bank Aceh Berikan Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional Kepada Puluhan Warga Lhokseumawe

Pemuda Lhokseumawe Farhan Zuhri, Hidupkan Industri Kreatif di Aceh

Sabtu, 08 Juli 2023 | 18:31 WIB
header img
Foto: Farhan Zuhri

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Nama Farhan Zuhri di Lhokseumawe Aceh tidaklah asing lagi,baru-baru ini pemuda kelahiran 4 Juli 1992 keluar sebagai Juara 1 Wirausaha Muda Syariah yang diadakan oleh Bank Indonesia KPw Lhokseumawe pada ajang Festival Meurah Silu akhir bulan yang lalu dengan Brand Ija One Kayee.

Farhan yang sejak 2016 mulai aktif di Lembaga Filantropi Islam yaitu Lazismu acap kali mendorong penerima manfaat agar produktif dari Zakat Infaq Maupun Shadaqah yang diterima.

Saat ini, tercatat ada 14 emak-emak yang diberdayakan dibawah wadah UMKM Ija Oen Kayee yang memproduksi kain bermotif daun asli serta menggunakan pewarna alami.

Kepada …… Farhan Zuhri mengatakan “saya punya mimpi besar untuk mengubah daya fikir masyarakat Aceh khususnya Lhokseumawe untuk produktif melalui Industri Kreatif. Saat ini, kita masih kalah dengan beberapa Daerah atau Provinsi yang ada di Sumatera dalam hal itu.

Bagi saya, apa salahnya berimajinasi untuk menciptakan lapangan kerja di sektor industri kreatif. Toh kita bisa belajar dari pengusaha sukses di bidang industri kreatif baik secara online maupun berbagai media lainnya.

Untuk Sumber Daya Alam (SDA) yang kita miliki melimpah ruah, jadi sangat banyak industri kreatif yang bisa diciptakan lainnya bermodal bahan alam.

Selama ini, kami menggerakkan UMKM Ija Oen Kayee bergantung pada alam baik itu daun maupun motif. Per 2 atau 3 hari emak-emak bergelria mencari daun ke pelosok kota untuk memotifkan kain serta memberi pewarna alami.

Jadi, mulailah berfikir global, niscaya setiap keunikan Industri Kratif yang lahir akan terkoneksi dengan berbagai event Pariwisata tentunya dengan mengandalkan digital marketing yang baik.

Selama ini, UMKM Ija Oen Kayee telah berdikari bahkan sudah menyisihkan Infaq terbaik bagi lembaga zakat untuk selanjutnya memproduktifkan masyarakat yang membutuhkan lainnya.

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut