get app
inews
Aa Read Next : Haji Uma Silaturrahmi Dengan Abon Buni Paya Bakong dan Ikut Bela Sungkawa Atas Musibah Kebakaran

Haji Uma Minta BI Berikan Perhatian Khusus kepada Perbankan Syariah di Aceh

Sabtu, 17 Juni 2023 | 15:18 WIB
header img
H. Sudirman (Haji Uma) Anggota DPD RI asal Aceh. Foto: Ist.

JAKARTA, iNews.id– H. Sudirman atau yang lebih akrab disapa Haji Uma Anggota DPD RI asal Aceh meminta kepada Bank Indonesia agar memberikan perhatian penuh kepada Perbankan Syariah di Indonesia khususnya Aceh

Hal tersebut disampaikan Haji Uma dalam Rapat Kerja Komite IV DPD RI dengan Deputi Senior Bank Indonesia di Ruang GBHN, Senayan (Rabu, 14 Juni 2023).

Khusus untuk Aceh setelah pemberlakuan Qanun Lembaga Keuangan Syariah, semua perbankan non syariah tidak lagi beroperasi, sehingga perbankan syariah menjadi ujung tombak dalam mendorong peningkatan ekonomi dan berbagai  transaksi lainnya  

"BI harus memberikan perhatian khusus untuk perbankan Syariah di Aceh, karena di Aceh hanya ada bank Syariah, termasuk jika sebelumnya dana pembiayaan ikut disalurkan oleh bank konvensional, maka sepeninggal bank konvensional untuk dana-dana pembiayaan tidak boleh berkurang" ungkap Haji Uma

Selain itu dalam rangka mewujudkan perekonomian nasional dari daerah, Senator Aceh H Sudirman kepada Bank Indonesia untuk membangun koordinasi dan sinergitas antara pusat dengan daerah agar lebih efektif dalam pelaksanaannya serta pengawasan di daerah.

”Untuk meningkatkan perekonomian maka sangat diperlukan porsi yang cukup untuk melakukan pengawasan ke daerah  agar terwujudnya perekonomian nasional,” kata Haji Uma.

Haji Uma juga menyinggung soal masih lemahnya sistem perbankan di Indonesia yang baru-baru ini terjadinya trouble sistem keamanan perbankan Syariah di Indonesia yaitu BSI.

“Ini bisa menjadi referensi kepada Bank Indonesia terhadap perbankan yang masih perlunya pengawasan yang maksimal terhadap sistem perbankan di indonesia, untuk mengembalikan rasa kepercayaan masyarakat terhadap perbankan di indonesia maka juga diperlukan pengawasan yang lebih efektif ke depan,” Ungkap Haji Uma.

Haji Uma juga menyampaikan bahwasanya Bank Syariah Indonesia (BSI) perlu pendampingan yang maksimal dari Bank Indonesia (BI).

“Demi terciptanya sinkronisasi dan koordinasi antara Bank Indonesia (BI) dengan Bank Syariat Indonesia (BSI),” tutup Haji Uma.

Menanggapi hal itu Deputi Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti berjanji akan menindaklanjuti dan segera akan mengevaluasi ke lapangan nantinya supaya terjadinya sinkronisasi yang lebih efektif dan efisien. 

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut