get app
inews
Aa Read Next : Bank Aceh Berikan Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional Kepada Puluhan Warga Lhokseumawe

Perta Arun Gas Bersama Unimal Edukasi Masyarakat Budidaya Tiram Secara Modern

Senin, 30 Januari 2023 | 22:46 WIB
header img
Sosialisasi Budidaya Tiram Sebagai Upaya Pemanfaatan Potensi Sumberdaya dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Lokal. Foto: Hms PT.PAG

LHOKSEUMAWE, iNews.id - PT. Perta Arun Gas (PAG) bersama Universitas Malikussaleh (Unimal) gelar sosialisasi budidaya tiram sebagai upaya pemanfaatan potensi sumberdaya dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal di Aceh.

Selama ini masyarakat Aceh masih mencari tiram secara tradisional, sehingga penghasilan yang didapatkan sangat rendah. Acara tersebut berlangsung  di Gor ACC Unimal Cunda,  Kota Lhokseumawe, Senin (30/01/2023).

Acara sosialisasi budidaya tiram sebagai upaya pemanfaatan potensi sumberdaya, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal di Aceh ini diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan pemerintah, mahasiswa dan masyakarat, yang berada di wilayah Lhokseumawe, Aceh Utara, Bireuen,  dan Kabupaten Pidie Jaya.

Acara yang diselenggarakan oleh Universitas Malikussaleh bersama PT. perta arun gas ini menghadirkan para pemateri yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya,  yaitu Syardani M. Syarif (Teungku Jamaika), Dr. Erniati, S.Si., M.Si dan Imam shadiqin, S.Pi., M.Si.

Berbagai informasi mengenai budidaya tiram modernikut disampaikan  seperti mulai dari cara budidaya, cara merawat, dan cara memanfaatkan hasil panen serta berbagi informasi mengenai bagaimana budidaya tiram untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Iskandarsyah, Manager Corporate Communication dan CSR PT Perta Arun Gas mengatakan, selama ini potensi daerah pesisir sangat besar untuk membudidayakan tiram yang jarang dimanfaatkan,  padahal tiram  menjadi satu komunitas atau bisa menjadi nilai tambah bagi taraf hidup masyarakat.

Menurut iskandarsyah,  dengan potensi yang ada bisa mengembalikan Kota Lhokseumawe menjadi kota petro dollar dengan cara membudidayakan tiram sehingga bisa di konsumsi oleh warga lokal maupun bisa di ekspor keluar negri.

Daerah di Aceh bisa menjadi tempat membudidayakan tiram, karena seperti yang kita ketahui tiga per empat wilayah diaceh adalah perairan atau pesisir, jadi Aceh memiliki potensi yang besar untuk itu,”

“Dan tentunya ini perlu dukungan semua pihak yang terus bersinergi dengan pemerintah, pihak swasta, mahasiswa dan pihak lainya,” Ujar Iskandarsyah.

Iskandar juga menambahkan, dengan adanya informasi dalam acara tersebut akan menjadi kesempatan yang sangat baik bagi masyarakat lokal untuk mendapatkan informasi mengenai budidaya tiram secara moderndan cara memanfaatkan potensi sumberdaya yang ada di daerah.

 

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut