Logo Network
Network

Jumat Bersih, Pemko Lhokseumawe Galakkan Gerakan Masyarakat Bersih Masjid

A Jamil
.
Sabtu, 21 Januari 2023 | 15:32 WIB
Jumat  Bersih, Pemko Lhokseumawe Galakkan Gerakan Masyarakat  Bersih Masjid
Masyarakat Kota Lhokseumawe sedang gotong royong membersihkan lingkungan depan masjid. Foto: Ist

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Untuk memupuk kepedulian lingkungan agar tetap bersih dan asri, Pemerintah  Kota Lhokseumawe terus menggalakan Gerakan Jum'at Bersih. Setiap Jum'at pagi  dengan melibatkan Aparatur Sipil Negara  dan partisipasi masyarakat.   Salah satunya adalah Gerakan masyarakat bersih mesjid (GERMAS BM). 

Program  ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan dan  suasana mesjid yang bersih, indah dan nyaman. Hal ini sejalan dengan program Pj. Walikota Lhokseumawe untuk mewujudkan Lhokseumawe sebagai Kota Beriman dan Kreatif. 

Adapun yang menjadi sasaran dari kegiatan bersih masjid ini adalah, halaman masjid yang bersih indah dan nyaman dengan lingkungan yang hijau, tempat bersuci (toilet) yang bersih untuk menghindari kesan aroma yang tidak menyenangkan bagi jama’ah serta tempat wudhu yang bersih dan tidak tergenang air di areal tempat wudhu yang dapat tumbuh dan berkembangnya jentik nyamuk yang mengakibatkan gangguan kesehatan bagi para jama’ah. 

Dengan demikian akan meningkatkan kenyamanan dan kekhusukan para jamaah dalam beribadah, hal tersebut di sampaikan Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe M. Amin, SE di sela-sela kegiatan tersebut. 

Selain itu, tambah M. Amin, SE kebersihan  pelataran parkir hingga selokan yang ada  di sekitar mesjid juga menjadi target dalam gerakan mesjid ini  Kegiatan Gerakan Masyarakat Bersih Masjid (GERMAS BM) akan terus digalakkan dan menjadi suatu kebiasaan warga (jama’ah) dan Pengurus Mesjid untuk senantiasa menciptakan kebersihan dan keindahan lingkungan masjid. 

Selanjutnya untuk membangkitkan semangat warga/jama’ah dan Badan Kemakmuran Mesjid (BKM)  cinta akan kebersihan lingkungan masjid. Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah merencanakan mengadakan penilaian mesjid terbersih dengan memberikan penghargaan khusus kepada Masjid yang mendapatkan nilai terbaik dari hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Lhokseumawe mengajak semua pihak  untuk semakin sadar dan peduli dengan kebersihan lingkungan serta persoalan sampah. Untuk diketahui Khusus untuk Gerakan Jum’at bersih  yang dilaksanakan pada 20/1/2023 yang  menjadi lokasi pembersihan adalah   mesjid  yang  ada di Kecamatan Banda sakti. Ke – 5 mesjid tersebut antara lain adalah masjid Agung Islamic Centre, mesjid Baiturrahman, Mesjid Al Falah Keude Aceh, Mesjid Syuhada Mon Geudong  dan mesjid Jamik Lancang Garam. 

Lebih lanjut, M. Amin mengungkapkan bahwa Kegiatan ini diharapkan dapat membantu fungsi petugas kebersihan agar lingkungan kerja  dan area mesjid di wilayah  Kota Lhokseumawe kami  minta terus dijaga dan dipelihara sehingga pelayanan  kepada masyarakat senantiasa terlihat bersih dan indah.
 
“Dengan kita peduli sampah, kita akan menjaga alam, menjaga lingkungan, semua tergantung pada diri kita masing-masing. Maka dari itu, mari kita sama-sama menjaga kebersihan utamanya di lingkungan  mesjid” ujarnya.

 

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News

Bagikan Artikel Ini