Logo Network
Network

Puluhan Mahasiswa PNL Melihat Proses Survei Seismic PT GSI di Aceh Utara

A Jamil
.
Rabu, 21 Desember 2022 | 13:13 WIB
Puluhan Mahasiswa PNL Melihat Proses Survei Seismic PT GSI di Aceh Utara
Puluhan mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe berkunjung ke lokasi Survei Seismic. Foto: Ist

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Puluhan mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) yang didampingi Wakil Direktur (Wadir) III Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi PNL Ir. Sariyusda, MT dan Ketua Jurusan berkunjung ke lokasi Survei Seismic yang sedang dilaksanakan oleh PT. Gelombang Seismic Indonesia (GSI) yang merupakan kontraktor pelaksana kegiatan.

Koordinator Humas dan Kerjasama PNL Ir. Muhammad Hatta, S.ST., MT pada media ini mengatakan, kegiatan kunjungan Manajemen PNL dan sejumlah mahasiswa yang bertajuk Field Trip 3D Vibro Seismik PGE WK-B tersebut difasilitasi oleh PT. Pema Global Energi (PGE) pada Selasa, (20/12/2022).

"Kegiatan ini difasilitasi oleh PT. PGE guna menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa di bidang seismic" kata pria yang biasa disapa Bung Hatta ini.

Sementara itu Humas pekerjaan seismic Irawadi yang didampingi Jailani Luttan Humas PGE pada media ini menerangkan bahwa kegiatan survei seismic merupakan kegiatan pencarian sumber daya minyak dan gas yang berada di bawah permukaan bumi.

"Mudah-mudahan survei seismic ini didukung oleh segenap lapisan masyarakat. Karena tujuan pemerintah baik, supaya ditemukan lagi cadangan migas yang baru, karena kebutuhan minyak kita belum tercukupi, dan masih harus mengimpor, sehingga biaya subsidi membengkak," terang Irawadi.

"Karena kalau tidak ditemukan cadangan migas baru, maka suplai gas ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan gas sebagai bahan baku bisa berhenti, akibatnya adalah matinya perusahan, munculnya pengangguran," lanjutnya.

Terakhir Irawadi mengatakan bahwa kegiatan seismic ini meliputi 13 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara dan 1 kecamatan di Aceh Timur.

Dalam kesempatan itu, Wadir III PNL Sariyusda mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat PT. PGE dan tim dari PT. GSI. 

"Mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut, bukan hanya kunjungan industri, tapi juga bisa untuk magang atau PKL mahasiswa," harap Yusda, demikian pria berkacamata ini biasa disapa.

Terkait dengan kunjungan industri itu, salah seorang mahasiswa PNL Munawarah, yang merupakan mahasiswi semester V Jurusan Teknik Kimia, Program Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI), mengaku sangat senang dengan kunjungan langsung ke lapangan seperti ini, karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan baru.

"Sangat senang, karena tidak hanya teori di kelas, walaupun yang kami kunjungi ini terkait gelombang seismic tak diajarkan di prodi saya, tapi bukan sebuah masalah, karena yang sangat berharga adalah pengalaman yang kami peroleh. Kalau bisa program seperti ini sering dilakukan, walau mahasiswa yang ikut berbeda-beda," harapnya.

Hal senada juga diungkapkan Reisya Nabila, mahasiswi Jurusan Teknik Sipil (JTS) yang juga ikut dalam kegiatan itu.

Mahasiswi semester V, Program Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung (TRKBG) mengaku bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat buat mereka.

"Sangat bermanfaat bagi kami, karena ada hubungan dengan mata kuliah kami di kampus, seperti pemetaan. Selain itu, kami mendapat pengalaman baru langsung di lapangan, tidak hanya sekedar teori di kelas," tuturnya.

"Kalau bisa kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan. Karena kita kan kampus vokasi, jadi harus lebih banyak aplikasi dari penerapan teori," lanjutnya.

Pantauan media ini, hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut selain Wadir III dan Koordinator Humas dan Kerjasama PNL,  hadir juga Koordinator Urusan Internasional dan DUDI PNL Ir. Azwar Yunus, ST., M.Sc, juga sebagai pendamping mahasiswa ikut didampingi Kajur Teknik Sipil Syukri, ST., MT, Kajur Teknik Kimia Dr. Ir. Saifuddin, MT dan Kajur Teknik Elektro M. Yassir, S.ST., M.Eng, Kajur Teknik Mesin Hamdani, SST. MT serta Tim Humas serta Kemahasiswaan dan Akademik.

Pantauan media ini, puluhan mahasiswa PNL yang ikut dalam kegiatan itu terlihat sangat antusias, walau saat itu hujan turun dengan deras, mereka terlihat tetap bersemangat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan seharian, dari pagi sampai sore itu.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News

Bagikan Artikel Ini