Rapat Kerja ke KJRI Los Angeles, Haji Uma Bahas Investasi di Aceh dan Kemudahan Akses Bank Syariah

A Jamil
.
Rabu, 09 November 2022 | 22:23 WIB
Anggota DPD/MPR RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma bersama delegasi anggota MPR RI melakukan rapat kerja dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles, Amerika Serikat, Foto: Ist

JAKATA, iNews.id – Anggota DPD/MPR RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma bersama delegasi anggota MPR RI melakukan rapat kerja dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles, Amerika Serikat, Senin (7/11/2022) waktu setempat. 

Rapat kerja dengan KJRI Los Angeles merupakan bagian dari salah satu agenda dari kunjungan kerja anggota MPR RI bidang Kajian Ketatanegaraan di Amerika Serikat dalam upaya menyerap dan mensosialisasi konstitusi Undang Undang sebagai arah pemerintah dan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Dalam pertemuan kerja tersebut, Haji Uma ikut menyampaikan informasi terkait akses layanan bank syariah dalam mendukung kemudahan proses ekspor-impor pengusaha Aceh dan volume ekspor komoditas kopi arabika Gayo ke Amerika Serikat.

Sebaliknya Haji Uma juga ikut menjaring informasi para pihak terkait keluhan perbankan Syariah di Aceh 

“Ada dua informasi yang ingin saya ketahui dari pihak KJRI, pertama terkait layanan bank syariah dalam proses ekspor-impor, Karena di Aceh hanya ada bank syariah dan informasinya para pengusaha terkendala dengan layanan untuk ekspor-impor. Kedua, berapa kisaran jumlah ekspor kopi arabika Gayo ke Amerika Serikat saat ini”, papar Haji Uma. 

Menanggapi Haji Uma, pihak KJRI Los Angeles yang dipimpin Konsul Jenderal, Saud Purwanto Krisnawan menjelaskan bahwa proses ekspor-impor kebanyakan menggunakan Letter of Credit (LC) untuk pembayaran dan tidak masalah menggunakan bank syariah karena secara layanannya sudah terintegrasi secara nasional.

Sementara terkait volume ekspor kopi ke Amerika Serikat, menurut data KJRI hingga Agustus 2022 total jumlah ekspor kopi Indonesia mencapai 394 juta USD atau meningkat 45 persen dari tahun lalu. Dalam hal ini, nilai ekspor untuk komoditas kopi arabika Gayo tentunya juga meningkat. Baru-baru ini, tercatat 5 kontainer kopi dari Aceh di ekspor ke Amerika Serikat dengan nilai mencapai 10 milyar rupiah. 

Dalam kesempatan itu, Haji Uma juga meminta pihak KJRI Los Angeles untuk membantu promosi investasi untuk Aceh kepada para pengusaha dan investor dari Amerika Serikat agar berinvestasi dalam berbagai sektor potensial di Aceh.
 
Selain dengan KJRI, delegasi MPR RI dalam kunjungan kerja yang berlangsung seminggu di Amerika Serikat juga melakukan rapat kerja dengan parlemen dan bertemu para akademisi dari sejumlah universitas di Amerika Serikat.

Editor : Armia Jamil

Follow Berita iNews Lhokseumawe di Google News

Bagikan Artikel Ini