get app
inews
Aa Read Next : Bank Aceh Berikan Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional Kepada Puluhan Warga Lhokseumawe

Warga Lhokseumawe Sangat Antusias Berkurban Setiap Tahun Pada Hari Raya Idul Adha

Senin, 11 Juli 2022 | 09:46 WIB
header img
Suasana wrga di Desa Banda Masen Lhokseumawe mengikat lembu untuk dipotong sebagai kurban pada tahun 2022 ini (Foto: Armia Jamil-iNews TV/MNC)

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Berkurban bagi yang mampu pada setiap lebaran Idul Adha atau Hari Raya Haji  sangat dianjurkan bagi orang islam  untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Di Kota Lhokseumawe, warga Banda Masen, Kecamatan Banda Sakti,  mereka sangat antusias untuk berkurban sapi dan kambing yang berlangsung di halaman Meunasah setempat, Minggu (10/07/2022)pagi.

Dalam berkurban sapi mereka secara swadaya membuat kelompok 7 orang agar bisa berkurban setiap tahun. Masing-masing mereka setiap bulan mengumpulkan uang setoran dengan jumlah tertentu untuk bisa membeli seekor sapi saat menjelang hari Raya Idul Adha.

Pada tahun 2022 ini,  jumlah  sapi yang dikurbankan sebanyak 8  ekor dan kambing 21 ekor, tentu jumlah tersebut lumayan banyak bagi warga yang rata-rata berpenghasilan rendah.

Jumlah hewan kurban bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya berkurang satu ekor lembu ini akibat pandemi covid 19.

Anjuran untuk berkurban selalu dihimbau oleh  panitia kurban dan juga oleh petuah desa  yang sering disampaikan oleh para teungku   penceramah dalam setiap acara keagamaan baik di Masjid ataupun di Meunasah.  

Tgk Jafar Ibrahim Ketua Tuha Peut Desa Banda Masen didampingi Tgk Nouval Imum desa dan panitia kurban mengatakan, pelaksanaan kurban tahun ini berjalan dengan baik dan lancar.

Menurut Tgk Jafar, di tengah pandemi covid 19 mulai berangsur hilang, warga semakin antusias untuk berkurban. “ Alhamdulillah untuk tahun ini berjalan dengan baik, kalau dilihat dari segi jumlah mungkin belum ada penambahan tapi kalau dilihat dari kondisi saat ini kita baru selesai pandemi kami sendiri tidak menduga bahwa almhadulillah tahun ini bisa mencapai lembu atau sapi 8 ekor dan kambing 21 ekor”, ungkapnya.

Tgk Jafar Menambahkan,  penerima bantuan kurban akan diberikan kepada fakir miskin  sesuai penerima bantuan zakat fitrah setiap tahun.

Pihak panitia kurban juga menghimbau warga agar setiap tahun mau berkurban untuk saling membagi dan berkurban karena merupakan perintah dalam agama islam yang sangat dianjurkan bagi warga yang mampu.

 

 

Editor : Armia Jamil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut